10 Foto penyalahgunaan trotoar ini bikin geram pejalan kaki

Trotoar sering dipakai untuk lahan parkir.

 

Rekanbola.com – Dewasa ini jumlah pengendara bermotor semakin meningkat setiap tahunnya. Sementara lahan yang diperuntukkan untuk jalan raya semakin menyempit. Dua keadaan yang saling berlawanan ini mampu menyumbang masalah-masalah dalam berlalu lintas. Salah satu bukti yang terlihat adalah dengan makin banyaknya pengendara bermotor yang tidak mematuhi lalu lintas.

Pengendara motor seolah tak memedulikan peraturan yang ada. Mereka hanya menginginkan untuk segera sampai tujuan dengan tepat waktu. Tak heran apabila banyak yang melakukan berbagai cara agar efisien di jalan. Salah satu pelanggaran yang kerap kamu temui adalah pengendara kerap menggunakan trotoar untuk hal yang tak semestinya.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”), Pasal 45 ayat 1 menyebutkan:

“Trotoar merupakan salah satu fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas-fasilitas lainnya seperti: lajur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan/atau fasilitas khusus bagi penyandang cacat dan manusia usia lanjut.”

Jelas tertulis di peraturan itu bahwa trotoar diperuntukan untuk lajur sepeda, pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Namun demikian, banyak penyalahgunaan trotoar yang terjadi di Tanah Air. Tentunya hal tersebut menggangu pejalan kaki nih! Bikin geram deh.

Rekanbola.com telah merangkum 10 potret penyalahgunaan trotoar di Tanah Air ini buat geram pejalan kaki dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/3).

 

1. Trotoar dijadikan jalan pintas oleh pengendara bermotor.

 

2. Trotoar digunakan untuk tempat parkir.

 

3. Kalau macet, biasanya pengendara khususnya roda dua kerap naik ke trotoar. Duh! Jangan dicontoh ya!

 

4. Ingin mempercantik kota, jatuhnya nggak tepat. Pejalan kaki berkebutuhan khusus pasti kesulitan nih! Foto ini diambil oleh netizen dari Surabaya.

 

5. Saking terbatasnya lahan parkir, trotoar pun disalahgunakan. Pejalan kaki jadi turun ke jalan nih! Ckckc..

 

6. Ada juga yang menyalahgunakan buat menunggu orderan nih.

 

7. Ternyata nggak cuma masyarakat biasa lho. Dari pihak berwenang atau polisi pun ikut menjadi pelaku penyalahgunaan trotoar. Akun Twitter @trotoarian mengunggah sebuah cuitan, “katanya TROTOAR UNTUK PEJALAN KAKI @TMCPoldaMetro.”

 

8. Nggak hanya itu, kejadian lain yang dilakukan polisi ini juga bikin geleng kepala.

 

9. Mengadakan penyuluhan tertib berlalu lintas tapi mobil petugas dan motor parkir di trotoar. Mengajarkan tertib tapi di tempat yang kurang tepat nih.

 

10. Beberapa waktu lalu, Ridwan Kamil mengunggah sebuah foto mobil mewah parkir sembarangan di trotoar. Beberapa komunitas, salah satunya Gerakan Pramuka mengadakan kampanye #selamatkanpejalankaki.

 

Recommended

Facebook Comments

Follow me on rekanbola twitter