10 Hektare lahan di Samarinda terbakar, warga panik dan bersiap mengungsi

Rekanbola – Kebakaran lahan kembali terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur. Kali ini, sekitar 10 hektare lahan di kawasan RT 06 kelurahan Pulau Atas hangus terbakar. Kobaran api sempat bikin panik warga. Mereka mengemasi barang dan mengungsi.

Pantauan rekanbola sekira pukul 15.00 WITA sore ini di lokasi kejadian yang berada sekitar 12 kilometer dari pusat kota. Titik api hanya berjarak sekira 25 meter dari rumah warga. mereka pun panik.

Malik (62), warga sekitar lokasi kejadian sudah berkemas barang, mengantisipasi kobaran api yang terus membesar, di tengah embusan angin kencang. Terlebih lagi, api berjarak dekat dengan rumahnya.

“Ini pasti ada yang bakar. Awalnya asap tebal pak, lahan semak terbakar. Saya padamkan sendiri sampai jam 12 tadi. Lama kelamaan, kok apinya semakin besar,” kata Malik kepada rekanbola di lokasi kejadian, Kamis (13/9).

Kabar terbakarnya lahan itu sampai ke posko Damkar kota Samarinda. Tidak kurang 50 relawan kebencanaan, tiba di lokasi membawa alat pemadam kebakaran portabel. Namun sayang, keringnya sumber air akibat kemarau, sempat menyulitkan kerja petugas pemadam.

“Awalnya api memang biasa saja Pak. Begitu dekat ke arah rumah, baru saya menjauh, sambil teriak minta tolong,” kata warga lainnya, Kastin (56).

Lahan yang terbakar sendiri, sementara mencapai sekitar 10 hektare, dan berpotensi kembali terbakar lantaran angin kencang. Sigapnya petugas pemadam, dan relawan kebencanaan, berhasil memadamkan api sekira pukul 16.00 WITA.

“Warga sudah maksimal memadamkan, dengan cara manual, tapi api memang terlanjur membesar dan meluas. Makanya tadi saya minta bantuan posko Damkar Pemkot (Samarinda) untuk memadamkan,” kata Lurah Pulau Atas, Akhmad Yani yang juga di lokasi.

Baca Juga:   Anak Bakar Ibu Tiri di Asahan