10 Penampakan ganja saat dilihat dengan mikroskop, bikin kamu melongo

Rekanbola – Maraknya penangkapan selebriti Tanah Air menambah daftar hitam dunia hiburan. Ya, beberapa waktu lalu aktor Fachri Albar diciduk polisi di rumahnya karena penyalahgunaan narkoba.

Usai Fachri Albar, artis cantik Roro Fitria pun turut diciduk oleh pihak kepolisian. Selang beberapa hari, anak pedangdut legendaris Elvie Sukaesih juga tertangkap karena melakukan pesta narkoba di rumahnya.

Ya, narkoba sebenarnya digunakan untuk keperluan medis. Namun beberapa orang malah menyalahgunakannya. Salah satu jenis narkoba yang diketahui kerap dipakai oleh seleb yang tertangkap adalah ganja.

Tanaman ganja telah dikenal manusia sejak lama sebagai bahan kain karena seratnya yang kuat. Selain itu biji ganja digunakan sebagai sumber minyak. Namun karena tanaman ini termasuk dalam golongan narkotika, di Indonesia tentu dilarang penggunaannya kecuali dalam bidang medis.

Nah seorang ilmuwan ternyata meneliti tumbuhan dengan nama latin Cannabis sativa ini. Dalam buku berjudul Cannabis Under The Microscope: A Visual Exploration of Medicinal Satica dan C. Indica karya Ford McCann.

Berikut 10 penampakan ganja saat dilihat pakai mikroskop yang lansir dari laman Neatorama, Rabu (21/2).

1. Kelenjar trichom di tepi kelopak bunga. Lebar gambar adalah lebar 0,5 mm.

 

2. Sebuah kristal tak dikenal ditemukan di permukaan struktur kuncup. Kemungkinan besar, kristal ini berasal dari bahan kimia hidroponik kering.

 

3. Penampakan kristal kalsium oksalat. Bahkan dosis kecil kalsium oksalat pun cukup menimbulkan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan yang intens. Lebar gambar adalah 0,05 mm.

 

4. Penampakan tepi daun ganja dilihat dengan mikroskop.

 

5. Sebuah batang tumbuhan dewasa yang sudah dipotong. Tampak serat yang ada di dalam batang di mana menjadi sumber serat pakaian.

 

6. Ini adalah tanaman berumur lima hari yang baru saja muncul dari rockwool lembap.

 

7. Penampakan putik bunga yang memenuhi dua tangkai.

 

8. Begini penampakan salah satu bagian dari tangkai daunnya.

 

9. Citra optik epidermis tangkai tanaman yang diambil mikroskop dengan pembesaran sebanyak 40 kali.

 

10. Begini penampakan kuncup tanaman ganja.