2.008 Pengungsi dari Sulteng tiba di Kaltim dan Kaltara

Rekanbola – Gelombang pengungsi terus berdatangan dari Palu, Sulawesi Tengah ke Balikpapan menggunakan pesawat Hercules. Sejak Senin (1/10), sudah ada 2.008 pengungsi masuk ke Kaltim dan Kaltara.

Namun demikian, tidak sedikit juga dari pengungsi, meninggalkan Balikpapan, pulang ke berbagai tempat. Baik ke wilayah lain di Kaltim, dan Kalimantan Utara.

“Sampai sore tadi jam 3.30 sore, pengungsi yang masuk, ada 2.008 orang. Kemudian, ada 1.708 orang yang berangkat. Jadi, pengungsi sementara tinggal di base ops Lanud Dhomber Balikpapan, ada 300 orang,” kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino, dikonfirmasi rekanbola, Rabu (3/10).

Dino merinci, pada Senin (1/10), ada 149 orang pengungsi datang ke Balikpapan, menggunakan jalur laut. Disusul Selasa (2/10) kemarin, ada 1.022 orang pengungsi, yang datang mulai pagi hingga malam hari.

“Menggunakan pesawat TNI AU, dan pesawat Polisi T4501,” ujar Dino.

Namun demikian, TNI juga mencatat, pengungsi asal Palu dan Donggala, juga menyebar ke kota lain di Kaltim, dan Kaltara. “Masih tanggal 2 Oktober, ada 17 orang pengungsi tiba di pelabuhan pantai Harapan kota Bontang,” terang Dino.

“Menggunakan kapal laut, juga ada di Tarakan di Kalimantan Utara 117 orang pengungsi, juga ada tiba di Nunukan 20 orang. Kesemuanya sudah pulang ke tujuan masing-masing,” tambahnya.

Sementara hari ini, ada 683 orang pengungsi tiba di Balikpapan, menggunakan pesawat TNI AU, di base ops Lanud Dhomber Balikpapan. “Sebagian besar pengungsi, sudah ke tujuan masing-masing. Sebagian lagi, sedang didata ke tujuan masing-masing,” demikian Dino.

Baca Juga:   Warga silih berganti beri bantuan buat korban gempa dirawat di RSUD Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *