2 Tahun Tak Punya Bangunan Sekolah, Begini Aksi Protes Siswa SMAN 1 Beringin

Rekanbola – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Beringin, Deliserdang, Sumatera Utara, menggelar upacara Peringatan HUT RI ke-73 di tengah kebun sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, Desa Emplasmen Kualanamu, Jumat (17/8/2018) kemarin.

Aksi ini merupakan bentuk protes pada pemerintah yang belum juga menyediakan ruang kelas belajar bagi mereka. Upacara memperingati Proklamasi RI ke-73 ini merupakan inisiatif para siswa sendiri.

Mereka berharap perhatian pemerintah agar segera membangun ruang kelas belajar bagi mereka. Informasi yang dihimpun, selama ini ratusan siswa SMAN 1 Beringin ini terpaksa belajar menumpang pada sekolah lain dan hanya bisa melakukan aktivitas belajar mengajar di sore hari saja.

Sudah hampir 3 tahun berjalan, ratusan siswa SMAN 1 Beringin ini menumpang ruang kelas belajar di sekolah lain. Pun begitu, pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 yang dilakukan para siswa di tengah kebun sawit ini tetap berjalan lancar dan khidmat.

Baca JugaTertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Kepala sekolah SMAN 1 Beringin, Aryanovika Sari, ketika dikonfirmasi Jumat (17/8/2018) mengatakan, bahwa lahan yang diajukan sebagai letak gedung sekolah sudah ada.

Namun demikian, pembangunan masih terhambat karena pihak PTPN II belum juga memberikan surat pelepasan aset, walau lahan tersebut sudah berdasar pada Surat Gubernur Sumatera Utara, yang menyatakan lahan itu sudah bisa dibangun gedung SMAN 1 Beringin.

Novitasari, salah seorang siswa mengatakan, mereka melakukan aksi protes dengan melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-73 di kebun sawit yang dijanjikan sebagai lahan sekolah mereka.

Namun, setelah dua tahun lebih berjalan, janji-janji pembangunan oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, belum juga terealisasi hingga kini. Para siswa berharap, dengan aksi ini dapat menggugah hati pemerintah agar memperhatikan sarana pendidikan mereka.

Baca Juga:   Kepala HAM PBB Mengecam Aksi Kekerasan Israel di Gaza

Usai melakukan upacara para siswa dan guru melakukan doa bersama sebelum membubarkan diri. Sementara itu, Ketua DPRD Deliserdang, Ricky Pradana Nasution, langsung mendatangi lokasi di mana ratusan siswa SMAN I Beringin melaksanakan Upacara HUT RI ke-73.

Ricky merasa prihatin dan mendesak pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera merealisasikan pembangunan gedung SMAN 1 Beringin.

“Ini kan kewenangan provinsi, semestinya sudah ada respon cepat. Ini merupakan pemandangan yang sangat memalukan di Kabupaten Deliserdang. Jika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tidak mampu membangun gedung SMAN 1 Beringin, sebaiknya kembalikan saja kewenangan SMA sederajat pada Kabupaten Deliserdang. Kami tidak ingin masyarakat ini terabaikan dan sengsara dalam mendapatkan sekolah yang layak,” pungkasnya.