200 Lebih personel Polda Sumut kawal bantuan korban gempa dan tsunami di Sulteng

Rekanbola – Polda Sumut mengirimkan lebih dari 200 personel ke Sulawesi Tengah (Sulteng). Mereka akan membantu penanganan bencana dan pemulihan keamanan di kawasan yang terdampak gempa dan tsunami, seperti Kota Palu dan Donggala.

Personel yang diberangkatkan terdiri dari 2 kompi Brimob ditambah sejumlah anggota tim Dokkes Polda Sumut. Mereka dijadwalkan berangkat ke Sulteng pada Kamis (4/10) besok.

“Kita akan kirimkan tanggal 4 nanti ada sekitar 2 kompi untuk membantu proses evakuasi dan pemulihan keamanan di sana,” kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto, seusai apel pengamanan MTQN XXVII di halaman Gedung Serba Guna, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Rabu (3/10).

Selanjutnya personel Polda Sumut akan bergabung dengan pasukan yang sudah bertugas di lokasi bencana itu. Mereka berada di bawah kendali operasi (BKO) Polda Sulteng.

Para personel yang dikirim Polda Sumut juga akan membawa makanan dan obat-obatan. Bantuan itu dihimpun dari anggota Polri dan mitra Polda Sumut.

“Untuk bantuan sesuai petunjuk Kapolri, kita sudah mobilisasi bantuan logistik untuk meringankan beban saudara-saudara kita,” jelas Agus.

Gempa yang disusul tsunami mengguncang Palu dan Donggala, Sulteng, terjadi pada Jumat (28/9) sekitar pukul 17.02 WIB. Hingga Selasa (2/10) petang, BNPB mencatat korban meninggal mencapai 1.374 jiwa.

Bencana ini juga memicu situasi tidak kondusif di daerah itu. Penjarahan terjadi di sejumlah lokasi.

Baca Juga:   Partai Demokrat: Sandiaga Santri Juga, Kan Ada Pesantren Kilat

One thought on “200 Lebih personel Polda Sumut kawal bantuan korban gempa dan tsunami di Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *