4 Fakta Tentang Gempa Bumi yang Perlu Anda Ketahui

REKANBOLA – Gempa bumi kerap kali terjadi di beberapa belahan bumi manapun. Belum lama ini, Jakarta dan sekitarnya merasakan gempa bermagnitudo 7,4 yang berasal dari Barat Daya, Sumur, Banten. Bahkan menurut BMKG, gempa tersebut berpotensi tsunami. Dilansir Do Something, Sabtu (3/8/2019) ada beberapa fakta tentang gempa bumi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut.

1. Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi dapat terjadi karena banyak peristiwa seperti letusan gunung berapi dan dampak meteor. Meskipun demikian, sebagian besar gempa bumi yang terjadi secara alami dipicu oleh pergerakan lempeng bumi.

Permukaan bumi terdiri dari 20 lempeng yang terus bergerak. Peningkatan tekanan dari pelat yang bergeser dapat menyebabkan kerak pecah. Pemutusan ini memungkinkan stres dilepaskan sebagai energi, yang bergerak melalui bumi dalam bentuk gelombang atau gempa bumi.

2. Jutaan Gempa Terjadi Setiap Tahun

Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional (NEIC) mencatat rata-rata 20.000 gempa bumi setiap tahun (sekitar 50 hari) di seluruh dunia. Namun, ada jutaan gempa bumi yang diperkirakan terjadi setiap tahun yang terlalu lemah untuk dicatat. Hampir 80% dari semua gempa bumi di planet ini terjadi di sepanjang tepi Samudra Pasifik, yang disebut ‘Cincin Api’, sebuah wilayah yang mengelilingi Samudra Pasifik dan merupakan rumah bagi 452 gunung berapi (lebih dari 75% gunung berapi aktif dan tidak aktif di dunia). Indonesia masuk dalam wilayah ini.

3. Gempa Terbesar di Dunia

Beberapa fakta gempa bumi yang perlu Anda ketahui

Gempa bumi terbesar yang tercatat di dunia berkekuatan 9,5 di Chili pada 22 Mei 1960. Ketika gempa Chili terjadi pada tahun 1960, seismograf mencatat gelombang seismik yang menyebar ke seluruh dunia. Gelombang seismik ini mengguncang seluruh bumi selama beberapa hari.

Baca Juga:   Kecerdasan Buatan Semakin Mengancam, Elon Musk: Dia Bisa Jadi Diktator

Kemudian, gempa bumi bawah laut di Samudera Hindia juga memicu serangkaian tsunami dahsyat pada 26 Desember 2004. Tsunami menghantam pantai-pantai sebagian besar daratan yang berbatasan dengan Samudra Hindia, membawa gelombang 100 kaki dan menewaskan lebih dari 225.000 orang di 11 negara.

4. Negara Paling Rawan Gempa

Beberapa fakta gempa bumi yang perlu Anda ketahui

Alaska adalah negara yang paling rawan gempa bumi dan salah satu daerah yang paling aktif secara gempa di dunia. Wilayah ini mengalami gempa bumi berkekuatan 7.0 hampir setiap tahun dan gempa berkekuatan 8.0 atau lebih besar kira-kira setiap 14 tahun sekali.