4 Masalah Wajah Bila Menggunakan Makeup Kadaluarsa

REKANBOLA – Hal yang selalu dilupakan ketika menggunakan makeup ialah melihat tanggal kadaluarsa produk tersebut. Tanpa sadar, kita menggunakan makeup yang justru berbahaya untuk wajah.

1. Bengkak

kadaluarsa bisa menyebabkan pembengkakan di kulit karena hancurnya molekul yang terkandung di dalamnya. Reaksi ini bisa berujung pada masalah lain seperti bercak merah, ruam, benjolan, bahkan melepuh.

2. Jerawat dan infeksi

Hati-hati makeup kadaluarsa justru mengundang bakteri. Alhasil jerawat pun muncul di wajah, bahkan menyebabkan infeksi kulit dan mata.

3. Tidak melindungi wajah

Peralatan makeup yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya akan mengalami kerontokan fungsi dari bahan-bahan penyusunnya. Sebagai contoh, jika menggunakan krim anti-UV, ketika ia masuk masa kadaluarsa maka tidak akan berguna sama sekali. Malah akan berfungsi sebaliknya: gagal melindungi dari paparan sinar UV.

4. Kulit tercemar

Bahan-bahan pengawet pada makeup akan kehilangan kekuatannya kala masuk masa kadaluarsa. Menggunakan makeup ini membiarkan kulit sengaja tercemar bahan-bahan yang sudah tidak lagi sehat.

Baca Juga:   Model: 杨晓青儿