4 Prediksi canggih fitur kamera dari Samsung Galaxy S9

Rekanbola.com –  Peluncuran dari Samsung Galaxy S9 dan S9+ sudah tinggal sekitar sebulan lagi, rumor yang beredar pun makin kencang. Meskipun dari sebuah rumor, kita seringkali tetap ingin melihat bagaimana gambaran dari canggihnya Samsung S9 ini.

Hal yang paling ditonjolkan nanti tentunya adalah kamera, seperti yang banyak sekali smartphone papan atas lainnya lakukan. Kamera smartphone sendiri merupakan nilai berharga yang akan menentukan apakah sebuah smartphone layak dibeli ataukah tidak.

Apakah kamera dari Samsung S9 ini akan mengalami peningkatan dari Samsung S8 serta Note 8 yang rilis tahun lalu? Apa saja fitur baru yang ditawarkan? Serta apakah ini akan jadi kamera smartphone terbaik layaknya Google Pixel 2 XL tahun lalu? Berikut beberapa rumor tentang Samsung S9.

1. Kamera dengan dua bukaan

Rekanbola.com – Samsung S9 dikabarkan akan memiliki dua aperture atau bukaan: yakni f/1.5 yang sangat lebar, serta f/2.4. Bukaan yang makin besar (makin kecil angka, makin besar), akan membuat performa low light lebih baik. Bukaan makin besar pun akan membuat foto jadi makin punya efek bokeh yang cantik.

Selain itu, bukaan yang besar sangat penting untuk perekaman video, terutama di frame rate yang tinggi. Ketika merekam video di frame rate tinggi, kamera butuh untuk beroperasi di shutter speed (kecepatan klik shutter) yang tinggi. Hal ini membuat cahaya yang masuk juga makin sedikit.

Itulah mengapa, bukaan besar yang membuat cahaya masuk makin besar, bisa membuat performa video makin baik. Hal ini juga membuat perekaman video slow motion di kondisi gelap akan membuat hasil makin maksimal, meskipun hanya menggunakan kamera smartphone yang sensornya kecil.

Baca Juga:   LG Siapkan Pesaing Ponsel Xiaomi, Realme, dan Galaxy M

Fitur ini sudah dipakai di smartphone flip Samsung yang eksklusif di hanya ada di China, W2018.

2. Bokeh

Rekanbola.com – Di poin pertama, sudah sedikit disinggung bahwa bukaan atau aperture yang besar bisa membuat efek bokeh yang makin kental.

Benar, tak bisa dipungkiri bahwa bokeh cukup penting. Itulah mengapa banyak sekali smartphone papan atas bahkan smartphone murah sekalipun, mengusung dual kamera: untuk membuat hasil foto dengan bokeh layaknya menggunakan lensa mahal di DSLR. Portrait Mode sekarang ada di hampir semua smartphone.

Karena ukuran sensor yang cukup kecil (jika dibanding dengan DSLR atau mirrorless yang menggunakan sensor APS-C, smartphone hanya sepertiganya), hasil bokeh alami dari kamera smartphone tentu tak akan sebaik DSLR atau mirrorless. Namun dengan mengandalkan bukaan f/1.5 tadi, tembakan foto close-up tentu akan berbeda. Dengan lebih dekat ke objek, akan tampak nyata bahwa kamera smartphone Samsung S9 akan punya hasil yang jauh lebih baik ketimbang lainnya.

3. Ukuran pixel

Rekanbola.com – Pada Oktober lalu, Samsung meluncurkan sensor Dual Pixel ISOCELL Fast 2L9 12MP. Ini adalah modul sensor yang lebih ramping, dan memungkinkan untuk pemasangan aperture variabel atau dua bukaan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Sensor ini juga meliputi chip grafis DRAM yang bertanggung jawab atas bufferingnya gambar ketika merekam video dengan frame rate yang tinggi.

Ilustrasi kamera Samsung Galaxy S9 Phone Arena
Uniknya, pixel dari sensor baru ini lebih kecil dari sensor yang diusung di Samsung S8 dan Note 8 (1,28 nanometer yang turun dari 1,4 nanometer). Meski demikian, Samsung mengklaim bahwa sensor ini menawarkan gambar dengan kualitas terbaik yang pernah ada dalam smartphone, serta memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam desain yang lebih ramping.”

Baca Juga:   Ultimate Ears Hadirkan 2 In-ear Headphone Khusus untuk Para Musisi

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo