5 Fakta Lakukan Seks Saat Haid

Rekanbola –  Pasangan sedang haid? Kebanyakan pria ‘mengalah’ dan tidak memaksakan keinginan berhubungan intim. Mereka memilih menunggu pasangannya selesai haid karena dianggap lebih aman.

Ada beragam pertanyaan yang bermunculan soal berhubungan intim saat wanita sedang haid alias menstruasi. Teen Vogue pun mengungkap beberapa fakta terkait beragam pertanyaan yang muncul seputar seks dan haid.

1. Apa aman? Iya!

Apa berhubungan intim kala pasangan sedang haid itu aman? Secara singkat jawabannya ‘iya’. Dokter Donnica Moore, presiden Sapphire Women’s health Group mengatakan tak ada risiko tambahan yang berhubungan dengan seks kala haid. Namun ada risiko yang bisa meningkat sehingga perlindungan sebaiknya jadi prioritas.

“Teorinya saat wanita menstruasi, mulut rahimnya lebih terbuka dari biasanya jadi dia lebih rentan terkena infeksi. Darah menstruasi akan banyak yang berarti ini adalah medium sempurna untuk bakteri dan infeksi karena ini hangat, basah dan pekat,” katanya diukutip dari Teen Vogue (19/7).

Di sisi lain, darah sebenarnya juga bisa dijadikan lubrikan yang membuat seks lebih nikmat, tetapi sekaligus membuat bakteri lebih mudah berpindah dari alat kelamin menuju anus. Ia pun menyarankan untuk lebih berhati-hati dan lebih teliti bersih-bersih usai sesi bercinta.

 

2. Kuncinya komunikasikan dengan pasangan

Saat seks kala haid dikatakan aman, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana melakukannya? Seks kala haid tak berbeda dengan seks seperti biasa. Seks sebaiknya menyehatkan dan membawa kebahagiaan bagi pasangan.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu komunikasikan dengan pasangan. Tanyakan apa yang dirasakan pasangan dan inginkan, begitu sebaliknya sehingga pasangan saling memahami.

Selain itu, mengingat haid adalah soal darah, maka sebaiknya pertimbangkan lokasi hubungan intim. Kasur bukan pilihan tepat karena bakal meninggalkan noda. Kamar mandi bakal jadi tempat yang pas karena darah bisa langsung disiram. Penggunaan tampon atau menstrual cup bisa jadi pertimbangan untuk meminimalisir darah yang keluar.

Baca Juga:   10 Gaya Selebgram Larasyenita yang Cocok Buat Cewek Berkaki Jenjang

“Banyak wanita yang bertanya pada saya apa mereka bisa menggunakan menstrual cup. Ini bisa jadi solusi cerdas tapi saya menyarankan mereka untuk menggunakannya dengan tangakai yang lembut,” kata Donnica.

3. Haid tak selalu membuat libido tinggi

Banyak yang menganggap masa haid membuat libido wanita ‘meroket’. Untuk mengetahuinya, pasangan harus bertanya sendiri, sebab ada wanita yang libidonya tinggi saat haid dan ada pula yang justru drop.

Libido atau gairah seks tinggi disebabkan oleh kadar hormon estrogen lebih rendah daripada testosteron yang dihubungkan dengan gairah seks. Ada pula mereka yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) seperti payudara sakit, sakit punggung, perut kembung, lesu dan kram. Semua rasa tak nyaman ini dianggap bisa hilang berkat seks.

“Kram saat menstruasi bisa berkurang dengan aneka olah raga dan seks itu olah raga,” ujar Donnica.

4. Seks saat haid tak selalu lebih baik daripada seks ‘biasa’

Bagi penyuka hal baru atau tantangan, mendobrak tabu mungkin jadi hal keseruan tersendiri. Sedangkan yang lain mungkin memilih tidak ingin berhubungan intim saat pasangan sedang haid. Alasannya sederhana, ada rasa jijik jika banyak darah dan harus membereskan semuanya setelah selesai.

5. Kehamilan bukan hal yang mustahil

Kehamilan bukan hal yang mustahil meski seks dilakukan saat haid, meski kebanyakan mengaku tidak hamil. Kalau wanita memiliki periode seks konsisten tiap 21-35 hari, mungkin jawabannya tidak. Namun kenyataannya, periode haid tiap wanita berbeda-beda.

Wanita bisa hamil saat sel sperma membuahi sel telur yang terlepas dari indung telur. Pelepasan sel telur terjadi saat masa ovulasi yakni 10-18 hari setelah haid. Kadang ovulasi bisa terjadi lebih awal. Belum lagi sperma yang keluar saat ejakulasi bisa hidup di luar tubuh hingga lima hari. Artinya selalu ada kemungkinan untuk hamil.

Baca Juga:   Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Melankolis Usai Bercinta

(Kredit : www.cnnindonesia.com)