5 Hal Menarik dari Piala Afrika 2019 di Mesir

REKANBOLA – Piala Afrika 2019 resmi dimulai per Jumat (21/6/2019) malam atau Sabtu dini hari WIB. Timnas Mesir selaku tuan rumah memulai start Piala Afrika 2019 dengan apik. Mohamed Salah dkk meraih kemenangan tipis 1-0 atas Zimbabwe pada pertandingan Grup A di Stadion Internasional Kairo, semalam.

5 Fakta Piala Afrika 2019, Turnamen yang Dulunya Dikeluhkan Klub Eropa. Gol tunggal kemenangan tim berjulukan “Sang Firaun” itu dicetak oleh Mahmoud Hassan alias Trezeguet pada menit ke-41.

 

Kemenangan ini menjadi start positif bagi tuan rumah Mesir yang merupakan negara tersukses di Piala Afrika. Hingga penyelenggaraan ke-32 tahun ini, timnas Mesir sudah tujuh kali menjadi juara Piala Afrika.

Kalahkan Afrika Selatan, Mesir Jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2019 Sang Firaun unggul dua trofi atas sang juara bertahan, Kamerun, lalu Ghana (4 kali).

Berikut adalah 5 fakta menarik dari Piala Afrika 2019:

 

Ganti tuan rumah 

Kamerun awalnya merupakan tuan rumah terpilih untuk Piala Afrika 2019.

Akan tetapi, pembangunan infrastruktur yang terlambat dan krisis politik regional di Afrika Tengah, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) menunjuk Mesir sebagai tuan rumah pengganti.

 

Jadwal mundur 

Perubahan juga terjadi pada perumusan jadwal. Awalnya, Piala Afrika tahun ini akan diselenggarakan pada 15 Juni hingga 13 Juli.

Akan tetapi, lantaran bertepatan dengan Ramadhan, jadwal edisi ke-32 Piala Afrika mundur menjadi 21 Juni hingga 19 Juli.

Pelatih Mesir Sarankan Mohamed Salah Tinggalkan Liverpool

 

Peserta terbanyak 

Tahun ini, untuk kali pertama Piala Afrika diikuti oleh 24 tim.

Baca Juga:   Marcelo 100 Persen Madrid!

Jumlah itu merupakan yang terbanyak karena sebelumnya kejuaraan ini diikuti oleh 16 negara.

Mohamed Salah merayakan gol Trezeguet pada pertandingan Mesir vs Zimbabwe dalam partai pembuka Piala Afrika 2019 di Kairo, 21 Juni 2019.
AFP/KHALED DESOUKI Mohamed Salah merayakan gol Trezeguet pada pertandingan Mesir vs Zimbabwe dalam partai pembuka Piala Afrika 2019 di Kairo, 21 Juni 2019.

Tim debutan 

Ada tiga negara debutan di Piala Afrika 2019. Mereka adalah Madagaskar, Mauritani, dan Burundi.

Mesir menjadi negara yang tersering tampil (24 kali), diikuti oleh Pantai Gading (23) dan Ghana (22).

Fakta-fakta Mesir pada Perhelatan Piala Afrika

 

Rekor pemain 

Berdasarkan catatan Gracenotivelive, Marc Lamti menjadi pemain termuda di kejuaraan kali ini dalam usia 18 tahun.

Gelandang Bayer Leverkusen asal Tunisia itu merupakan pemain kelahiran Koeln (Jerman), 28 Januari 2001.

Adapun Asamoah Gyan (Ghana) berkesempatan menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol dalam tujuh penyelenggaraan Piala Afrika.