5 Hal Penting Untuk Memulai Bisnis Budidaya Ikan Lele

Rekanbola  — Memulai sebuah bisnis tentu harus selalu dilakukan dengan perencanaan yang matang, terutama bagi Anda yang baru akan memulai bisnis untuk pertama kalinya. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua kegiatan bisnis Anda dapat berjalan dengan baik di masa yang akan datang. Jangan sampai Anda memulai bisnis dengan asal-asalan dan tanpa sebuah perencanaan, sebab hal tersebut dapat menimbulkan kerugian di masa yang datang.

Bisnis Budidaya Ikan Lele

Di antara banyak bisnis yang dapat Anda geluti, budidaya ikan lele menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Bukan hanya usianya saja yang terbilag singkat, namun tingkat konsumsi masyarakat akan jenis ikan yang satu ini juga terbilang sangat besar, jadi sangat tepat jika Anda memilih bisnis ini sebagai sumber pendapatan Anda.

Ikan lele memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi jenis ikan air tawar ini juga terbilang sangat besar. Selain itu, harga ikan lele juga terbilang cukup terjangkau dan ini menjadi salah satu nilai lebih yang menjanjikan bagi bisnis yang akan Anda jalankan nanti.

Semakin murah sebuah produk, maka kemungkinan pasar yang dapat dijangkau juga akan semakin luas, bukan?

Mulai Dengan Langkah yang Tepat

Jika Anda berminat untuk segera menjalankan bisnis budidaya ikan lele ini, jangan lupa untuk mencari dan memahami informasi yang lengkap mengenai bisnis tersebut terlebih dahulu.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut di masa yang akan datang. Simak beberapa tips berikut ini, yang dapat Anda jalankan ketika akan memulai bisnis budidaya ikan lele:

Baca Juga:   Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

1. Pilih Media (Kolam) yang Sesuai

Ikan lele berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya yang pada umumnya harus dipelihara di dalam kolam atau tambak, ikan lele juga bisa dikembangkan di dalam kolam terpal yang lebih praktis.

Hal ini akan sangat menguntungkan Anda, sebab dengan lokasi yang terbatas sekalipun Anda dapat membudidayakan ikan lele tersebut. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih media yang paling tepat dan sesuai.

Jika Anda memiliki lahan dan juga rencana bisnis yang luas, maka menggunakan kolam biasa adalah pilihan yang tepat. Namun jika lahan terbatas dan bisnis Anda baru dalam skala kecil saja, maka gunakan kolam terpal yang praktis dan juga lebih murah biayanya.

2.Gunakan Benih Lele Terbaik

Benih yang Anda tanam tentu akan menentukan kualitas hasil panen yang bisa Anda dapatkan, hal yang sama juga berlaku di dalam budidaya ikan lele.

Jangan sembarangan memilih benih yang tidak berkualitas dan hanya karena harganya murah, sebab bisa saja benih seperti ini akan membuat hasil panen tidak maksimal.

Upayakan untuk membeli dan menebar benih terbaik saja, sehingga kelak hasil budidaya lele ini juga akan berkualitas baik.

3.Berikan Asupan Makanan dan Vitamin yang Tepat

Tidak kurang, namun tidak juga berlebihan, makanan dan juga vitamin / probiotik yang Anda berikan kepada ternak lele haruslah dalam ukuran yang tepat.

Hal ini sangat penting untuk selalu Anda cermati dengan baik, sebab jika asupan makanan kurang atau bahkan tidak terjadwal, maka pertumbuhan ternak lele Anda tidak akan maksimal.

Pahami dengan baik ukuran yang tepat, sehingga ikan lele yang Anda budidayakan dapat berkembang dengan baik dan memberikan hasil panen yang maksimal.

Baca Juga:   Mantap! "10 Hotel Kapsul Super Keren" Ini Dijamin Bikin Kamu Kepengen Bermalam Di Sana! WOW #No.6 Serasa Ada di Masa Depan!

4.Perawatan dan Juga Kebersihan

Sama halnya dengan ternak lain, lele juga membutuhkan perawatan dan kebersihan yang baik, sehingga tidak terkena penyakit dan bisa tumbuh sehat hingga masa penen tiba.

Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan kolam, yakni dengan mengganti airnya secara berkala. Hal ini sangat penting untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan ikan lele.

5. Panen Lele Diwaktu yang Tepat

Anda juga harus memahami dengan baik waktu panen yang paling tepat, di mana ikan lele memang berada pada usia yang telah benar-benar pas untuk dipanen biasanya panen akan dilakukan setelah lele berusia dua bulan.