5 Hal Sederhana Ini Ternyata Tanpa Disadari Merusak Kulit Wajah

REKANBOLA –  Sadarkah kamu bahwa banyak hal yang kamu lakukan setiap hari ternyata justru dapat merusak kulit wajah? Tahu apa saja?

Dilansir dari sheknows.com, Rabu (15/5/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang kamu lakukan setiap hari dan ternyata dapat merusak kulit. Pernah dengar sebelumnya?

1. Terlalu sering terpapar cahaya biru

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang efek negatif cahaya biru pada mata dan pola tidur, benar? Paparan cahaya biru dalam jangka panjang dapat membuat kulit meradang karena radikal bebas dan mengembangkan risiko hiperpigmentasi, serta perubahan warna.

Hal ini juga berarti penuaan dini dan keriput. Efek negatif cahaya biru dapat dihindari dengan pengunaan filter layar, mode malam pada ponsel, dan pengaplikasian tabir surya.

2. Tidak rutin mengaplikasikan tabir surya

Tabir surya harus menjadi bagian dari perawatan kulit harianmu. Sinar UV dapat menyebabkan pemecahan protein, seperti kolagen dan elastin, penghancuran lipid yang penting untuk sel, dan kerusakan DNA.

Selain itu, paparan sinar UV berlebih secara berulang dapat meningkatkan risiko kanker kulit, terutama pada kaum perempuan. Jadi, tabir surya harus diaplikasikan secara rutin.

3. Tidur menggunakan makeup

Tidur menggunakan makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya garis halus, serta kerutan. Selain itu, pastikan untuk menggunakan produk yang tidak komedogenik pada kulit wajah.

Kurangnya waktu tidur dan layar ponsel yang kotor

4. Melewatkan waktu tidur

Orang dewasa setidaknya harus tidur selama 7 jam dalam sehari. Kurang tidur dapat mempengaruhi penampilan kulit, seperti mata bengkak, lingkaran hitam di bawah mata, garis halus, dan kerutan.

5. Menggunakan layar ponsel yang kotor

Layar ponsel bisa disebut sebagai rumah bagi bakteri jahat, termasuk staphylococcus dan e-coli. Untuk menghindari hal ini, bersihkan layar ponsel setiap hari.

Baca Juga:   Loona, Girlband K-Pop Pendatang Baru Curi Perhatian Dunia