5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak ‘Poda Na Lima’

 

Rekanbola.com – Podadalam bahasa Batak berarti nasihat yang ‘dalam sekali maknanya’Podasemestinya disampaikan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Poda na lima jika diartikan berarti 5 nasihat. Dan perlu kamu ketahui, bahwa ini sudah merupakan nasihat turun-temurun dari nenek moyang suku Batak, dan selalu dituliskan atau dituturkan secara berurutan dengan kalimat memerintah atau menyuruh. Dan ke 5 nasihat ini, diawali dengan kata Paias, yang artinya “Bersihkan”.

Baca Juga :

Ingin Terlihat Langsing Dan Ramping Dalam Hitungan Detik? Coba 7 Trik Fashion Sederhana Ini

Perintah atau nasihat Paias ini, nggak hanya menyuruh kita untuk sekedar membersihkan rumah atau kamar tempat tidur lho! Namun ada 5 hal yang memang perlu dan harus kita bersihkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Paias Roham!

5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak 'Poda Na Lima'

Berada di urutan paling atas, ‘Paias Roham!‘ berarti ‘Bersihkan hatimu!‘. Nasihat ini tentu bukan tanpa alasan, mengapa nenek moyang suku Batak meletakkan nya pada posisi paling atas. Hati memang sesuatu yang sangat penting perannya dalam kehidupan kita sehari. Hati adalah hal yang paling penting untuk dijaga agar tetap bersih, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan tentram.

Menjaga kebersihan hati’ disini maksudnya adalah: bagaimana cara kita supaya kita tetap dapat memelihara hal-hal yang baik di dalam pikiran kita, dan jauh dari segala pemikiran yang negatif. Mulai dari hal sederhana saja, misalnya: Jangan menyimpan dendam atau rasa iri terhadap orang lain, mau memaafkan atau mengampuni kesalahan orang lain, banyak-banyak bersyukur dan berdoa, dan tidak merencanakan atau mengungkapkan hal-hal buruk tentang orang lain. Dan tentunya masih ada begitu banyak hal positif lain yang dapat kita lakukan agar hati kita tetap bersih. Intinya, selalu beritikad baik ya, Guys!

Baca Juga:   Golnya Bagus, Sturridge Merendah

2. Paias Pamatangmu!

5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak 'Poda Na Lima'

Paias pamatangmu!‘ berati ‘Bersihkan badanmu!‘. Setelah kita menjaga kebersihan hati kita, maka menjaga kebersihan badan atau tubuh adalah hal yang penting juga. Menjaga kebersihan tubuh sangat penting bagi kesehatan, sehingga kita bisa terhindar dari segala bibit penyakit dan kuman. Dan orang lain pun tidak merasa terganggu dengan kondisi badan kita. Mulai dari hal yang sederhana aja dulu, misalkan mandi 2 kali sehari atau gosok gigi setelah dan sebelum tidur!

3. Paias Paheanmu!

5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak 'Poda Na Lima'

Paias paheanmu!‘ berarti ‘Bersihkan pakaianmu!‘. Menjaga kebersihan hati udah, kebersihan badan udah, selanjutnya hal yang sangat perlu kamu perhatikan kebersihan nya menurut filsafat ini adalah pakaian. Menjaga kebersihan pakaian dan segala aksesoris yang kita gunakan tentu sangat penting. Selain penampilan kita menjadi terlihat lebih menawan. Menjaga kebersihan pakaian juga tentu berpengaruh terhadap cara pandang orang-orang di sekitar kita. Bukan hanya kebersihan pakaian, tapi kerapian juga perlu kita perhatikan ya, guys!

4. Paias bagasmu!

5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak 'Poda Na Lima'

Paias bagasmu!‘ artinya ‘Bersihkan tempat tinggal-mu!‘. Menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk kita lakukan, supaya rumah kita terlihat indah dan rapi, bebas dari kuman dan serangga, serta nyaman dihuni. Tempat tinggal disini bukan terbatas pada rumah yang kita huni aja ya guys, tapi juga semua tempat di mana kita tinggal dan melakukan aktivitas, misalkan kantor atau kamar kosan buat perantau yang ngekos.

Selain alasan di atas, nasihat ini juga merujuk kepada suatu istilah di suku Batak yaitu: ‘Partamue‘. Istilah ini ditujukan kepada seseorang, yang rumah nya sering di-datangi tamu (apalagi tamunya adalah sanak saudara yang datang dari tempat jauh), dan tamu-tamu yang datang merasa nyaman selama mereka berkunjung ke rumah orang tersebut. Nah, itulah mengapa menjaga rumah menjadi perintah yang penting, supaya tamu yang datang berkunjung ke rumah kita merasa nyaman, dan mau kembali bertamu di kemudian hari.

Baca Juga:   20 Jam Tatap Layar Ponsel, Darah di Otak Wanita Ini Membeku

5. Paias alamanmu!

5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Menurut Falsafah Batak 'Poda Na Lima'

Nasihat yang terakhir adalah: ‘Paias alamanmu!‘ yang artinya ‘Bersihkan halaman/pekarangan sekitar mu!‘. Menjaga halaman dan pekarangan rumah juga sama pentingnya dengan menjaga kebersihan rumah. Rumah yang indah namun pekarangan nya tidak terawat, tentu menimbulkan ‘hawa’ yang kurang menyenangkan. Nggak terbatas pada halaman atau pekarangan, tapi nasihat ini juga menyuruh kita untuk membersihkan lingkungan sekitar kita ya guys! Mulai dari hal sederhana saja dulu, seperti: jangan membuang sampah sembarangan!

Orang Batak di kampung biasanya melangsungkan sebuah pesta adat langsung di halaman depan rumah. Inilah mengapa menjaga kebersihan halaman dan pekarangan sekitar juga menjadi salah satu hal dari 5 nasihat ini. Supaya tamu yang menghadiri pesta adat tersebut merasa nyaman dan tidak terganggu.

Itulah 5 hal yang penting untuk dibersihkan menurut falsafah atau nasihat ‘Poda na lima‘ yang diturunkan turun-temurun dari nenek moyang suku Batak. Kamu harus pastikan untuk menjaga kebersihan 5 hal ini setiap waktu!

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :