5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

 

Rekanbola.com – Berteman memang tidak boleh pilih-pilih. Berteman juga harus saling menerima bahkan tidak banyak menuntut ini itu. Beberapa orang akan memilih untuk berteman dengan mereka yang pintar, tampan/cantik, kaya atau bahkan populer. Dengan banyak maksud dan tujuan, sebenarnya ada banyak jenis teman yang mungkin juga pernah ada di sekelilingmu.

Mereka adalah orang yang selalu ada di sekitar, sering kamu temui dan bahkan tidak lepas berkomunikasi denganmu. Tapi tidak semua pertemanan dapat selalu berjalan baik-baik saja. Menjalin sebuah hubungan dengan teman juga tidak selamanya membuat kita bahagia. Ada kalanya sikap mereka membuat kita kesal. Marah sampai menangis seolah sudah selesai kita lakukan.

Tapi ternyata saat kita melihat hal itu dari sudut pandang lainnya, mungkin kita akan berpikir berbeda. Ya, dari mereka lah kita belajar untuk lebih sabar. Belajar untuk lebih ikhlas memberi, dan belajar untuk lebih pandai dalam berteman.

1. Yang suka tiba-tiba nimbrung obrolan, banyak menyela tanpa memberimu kesempatan untuk berbicara

5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

Duduk bersama di taman selepas kuliah berakhir, atau pergi makan siang bersama di meja makan kantor pasti sudah menjadi agenda yang tidak akan dilupakan. Membicarakan banyak hal seolah tidak ada yang bisa mengganggu. Bagi wanita terutama, sebuah obrolan akan berkembang seiring dengan waktu yang dimiliki. Semakin panjang waktunya, semakin banyak pula bahasannya. Namun hal ini akan seketika ‘buyar’ saat ada satu teman yang tiba-tiba datang dan langsung menyela pembicaraan kalian.

Mungkin maksudnya supaya lebih rame karena banyak orang. Bisa jadi karena ia tahu tentang bahasan kalian. Tapi tidak menyenangkan memang saat ia tiba-tiba datang dan banyak menyela apa yang kalian bicarakan. Terlebih saat ia mendominasi pembicaraan dan seolah tidak memberikan kesempatan bagi lainnya untuk berbicara.

Baca Juga:   12 Gaya busana cewek 70-an yang tetap kece buat OOTD zaman sekarang

Tetaplah bersabar, meski sulit dan ingin marah karena sudah sangat kesal. Tapi cobalah untuk mendengarkan dia. Saat kalian mendengarkan dengan seksama, ia akan mulai menurunkan intensitasnya karena merasa sangat ‘sungkan’ dengan kalian.

2. Minta makanan sih boleh-boleh saja, tapi ada baiknya untuk izin terlebih dahulu kan?

5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

Dia yang tiba-tiba hadir juga untuk meminta makananmu, pasti sangat menyebalkan. Terlebih saat tidak bertanya atau meminta ijin terlebih dahulu. Main serobot dan bahkan menghabiskan jatah makananmu. Cobalah menegurnya untuk meminta ijin terlebih dahulu jika lain kali ingin meminta makanan.

Ia mungkin sedang terdesak karena merasa sangat kelaparan. Tapi hal ini akan sangat mengganggu jika orang lain yang mengalami. Ingatkan dia saat kalian sedang berdua saja. Ia mungkin salah, tapi ia juga pasti akan sangat malu dan minder jika ditegur langsung di depan banyak orang.

3. Mereka yang ada saat membutuhkan, dan seolah buang muka saat kamu kesulitan dalam pekerjaan

5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

Hal ini seolah sudah biasa, kamu yang dengan senang hati membantu orang lain bahkan saat kamu juga sedang kesusahan. Kamu memiliki empati yang lebih besar dari mereka. Hal ini akan sangat terasa saat kamu melihat temanmu sedang kesusahan, kamu akan dengan sigap membantu mereka.

Namun ada kalanya kamu akan merasa membutuhkan orang lain untuk membantumu mengatasi masalah. Saat hal itu terjadi padamu, mungkin mereka tidak sepeka kamu. Kamu akan merasa merasa buang muka bahkan seolah cuek tak peduli apakah kamu membutuhkan bantuan atau tidak.

Tapi bersabarlah, sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda saat harus berempati. Tidak semua orang memiliki empati yang sama dan mudah mengutarakan bantuannya untukmu.

Baca Juga:   10 Barang dijual online ini bikin ketawa sampai mules

4. Sering mengajak liburan hanya saat banyak orang saja, tapi nyatanya pergi sendiri dan pamer foto liburan

5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

Kamu mungkin sering mengalami hal ini. Mereka yang sering mengajakmu hangout bahkan berlibur bersama, bisa secara tiba-tiba memposting foto liburan yang sudah direncanakan, namun tanpa kalian. Hanya dia dan teman lainnya.

Entah mungkin mereka lupa mengajakmu atau tidak ingin mengganggumu yang sedang sibuk dengan kegiatanmu. Jangan keburu emosi ya. Mereka juga manusia yang bisa juga lupa. Sabar saja, mungkin rejekimu berlibur belum saat ini.

5. Mengkritik setiap yang kamu lakukan, tanpa memberikan saran yang bisa kamu coba

5 Jenis Teman yang Ada di Sekitar, dari Mereka Kamu Belajar Sabar

Yang terakhir ini mungkin yang sedikit menyebalkan dari yang lainnya. Dia adalah teman yang banyak mengkritikmu. Mulai dari penampilan, pemikiranmu, pekerjaanmu sampai dengan setiap tingkah lakumu. Ia yang banyak memprotesmu ini dan itu, seolah tidak setuju dengan banyak yang kamu kerjakan. Namun ia juga tidak memberimu solusi atas apa yang kamu kerjakan.

Baginya kamu banyak salah, tapi ia pun tidak memberikanmu solusi. Menyebalkan memang, tapi bersabarlah. Bisa jadi ia hanya tidak tahu cara yang baik dalam menyampaikan nasehat dan solusinya untukmu.

Gak perlu mengutuki kehadiran mereka. Percayalah, setiap orang di hidupmu itu punya perannya masing-masing, termasuk teman-temanmu yang menyebalkan.

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :