5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut

REKANBOLA – Semakin hari rambut yang rontok kok semakin banyak, ya? Selain disebabkan oleh hormon dan diet, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu kerontokan rambut. Tidak mau hal ini terus terjadi, kan? Agar kondisinya tidak semakin parah, berikut ini adalah beragam kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kerontokan rambut. Yuk, dicoba!

1. Kurangi frekuensi keramas

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan cara keramas adalah hal yang penting. Namun, jika dilakukan terlalu sering, keramas justru dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut. Selain membuat rambut makin kering, terlalu sering keramas juga menyebabkan rambut mudah rontok dan patah. Untuk mencegah kerontokan rambut, kurangi frekuensi keramas kamu. Jika merasa rambut mulai agak berminyak, kamu bisa mengatasinya dengan penggunaan dry shampoo saja.

2. Kurangi perawatan rambut menggunakan bahan kimia atau heat tools

Pewarnaan, perming, pencatokan, atau pengeritingan memang bisa membuat rambut tampak indah. Sayangnya, penataan rambut menggunakan bahan kimia atau heat tools dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut, seperti membuatnya semakin kering, kasar, dan rontok. Ada baiknya jika mengistirahatkan rambut di sela-sela penataan rambut berikutnya untuk membiarkan rambut asli kamu tumbuh terlebih dahulu agar akarnya lebih kuat.

3. Istirahatkan rambut dari tatanan yang terlalu kencang

Gemar menata rambut dengan kunciran? Hati-hati, bila dilakukan terlalu sering dan terlalu kencang, ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan rambut kamu. Tarikan pada rambut yang terlalu lama dan kencang akan membuat akar rambut menjadi lemah. Akibatnya, rambut pun menjadi rapuh dan lebih mudah rontok. Sesekali, biarkan rambut kamu tergerai atau bila dirasa mengganggu, gunakan jepit dan kunciran longgar, ya!

Baca Juga:   Dikira Remaja, Wanita Seksi yang Sering Tampil Glamour Ini Ternyata Seorang Nenek!

4. Keringkan rambut dengan menunduk

Mengeringkan rambut dengan cara menunduk dan membalikkan rambut kamu dapat menjadi kebiasaan yang membantu mencegah kerontokan rambut. Hal ini akan memicu aliran darah pada kulit kepala sehingga rambut mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang lebih baik. Selain memperkuat rambut, teknik ini juga membantu membuat rambut terlihat lebih bervolume, lho!

5. Keramas dengan gerakan memijat, bukan menggosok

Punya kebiasaan menggaruk atau menggosok kulit kepala saat keramas? Sebaiknya, kurangi kebiasaan ini ya! Gerakan menggaruk dan menggosok berisiko mengiritasi kelenjar minyak pada kulit kepala dan menyebabkan kondisi kulit kepala menjadi semakin berminyak. Akibatnya, rambut pun menjadi mudah rontok. Lebih baik, ganti cara keramas dengan gerakan memijat kepala secara lembut dari bagian bawah menuju atas kepala.