5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

 

Rekanbola.com –  Bukan lagi rahasia ketika dipertanyakan soal voice assistants alias asisten suara ponsel pintar, Siri sering dijadikan bahan bulan-bulanan. Walaupun Apple mengenalkan fasilitas ini bertahun-tahun sebelum saingannya, yaitu Alexa dari Amazon dan Google Assistant dari Google, Siri tetap tertinggal dalam hal fitur serta kinerjanya.

Baca Juga :

7 Meme Beda Kelakuan Cewek Di Instagram Vs Realita Ini Mak Jleb Banget

Sementara itu, Google Assistant besutan Google hadir “agak” telat namun tetap berkesan. Karena biaya dan tenaga yang dikerahkan oleh Google dalam penelitian terkait kecerdasan buatan ini gak main-main. Sehingga itu membuat Google Assistant lebih pintar dan mumpuni dari waktu ke waktu.

IDN Times berkesempatan untuk menghadiri Acara Google I/O 2018 di San Fransisco, yang salah satunya membahas soal Google Assistant. Berdasarkan berbagai review, berikut ini adalah 5 kelebihan Google Assistant terkini yang tidak dimiliki oleh Siri!

1. Kemampuan pencarian Google Assistant yang jauh lebih juara daripada Siri

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Bicara soal pencarian di internet, memang sulit bagi Siri milik Apple untuk menyaingi Google Assistant. Bagaimana tidak? Google adalah rajanya mesin pencarian. Para ahli teknologi telah membuktikan bahwa respons hasil pencarian Google Assistant lebih akurat dan detail dibandingkan Siri.

2. Google Assistant lebih pandai mengingat preferensi dan kebiasaanmu, dibandingkan Siri

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Kalau kamu pernah mengungkapkan bahwa kamu suka klub olahraga tertentu, Google Assistant akan langsung reaktif terhadap yang akan kamu cari selanjutnya. Sementara itu, Siri perlu kamu ingatkan kembali secara detail tentang apa yang akan kamu cari. Meskipun Siri bisa memproses pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama, tanpa kamu harus mengulangi subjeknya, hasilnya sering tidak akurat dan menggapai kemungkinan yang terlalu luas.

Baca Juga:   Kesal Dituding Negatif, Spalletti Sebut Totti Pendusta

3. Integrasi “rumah pintar” (smart home) yang difasilitasi oleh Google Assistant itu luar biasa!

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Salah satu pengembangan tercerdas yang Google lakukan adalah membuat Google Assistant menjadi pusat dari keseluruhan strategi perangat kerasnya. Bukan hanya di ponsel. Ini termasuk hubungannya dengan berbagai speaker pintar, bahkan sampai ke lampu rumah. Terobosan ini dinilai bisa menjadi kunci fungsi rumah pintar masa depan yang serba otomatis dan kamu bisa mengontrolnya, seperti yang kita lihat di film-film.

4. Google Assistant memiliki integrasi yang lebih baik dengan aplikasi pihak ketiga, dibandingkan Siri

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Kamu mungkin akan stres menggunakan Siri jika perangkatmu tidak serba dari Apple atau berhubungan langsung dengan Apple. Dengan Google Assistant, kamu bisa meminta Spotify untuk memainkan musik yang kamu mau dengarkan, meminta Google Maps untuk mencari suatu lokasi dan lain sebagainya. Sedangkan Siri ketika diminta hal yang sama, ia hanya akan membukakan aplikasinya tanpa menjalankan fungsi yang kamu minta. Jadi kamu lebih harus berusaha ekstra untuk mendapatkan yang kamu mau.

5. Mengenali suara yang berbeda dan merespons secara berbeda itu kelebihan Google Assistant, yang tidak dimiliki Siri

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Kalau siapapun mengatakan “Hey, Siri!” pada ponselmu, Siri akan aktif dan merespon secara umum. Sementara itu, Google Assistant memiliki kemampuan voice training. Dengan voice training ini, suara yang berbeda dapat dikustomisasi melakukan respon yang berbeda, tergantung siapa yang mengucapkannya. Jadi kalaupun kamu ingin melakukan transaksi pembayaran, kamu bisa merasa lebih aman dengan suara khasmu melalui Google Assistant.

5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Itulah kelebihan menonjol yang dimiliki oleh Google Assistant dan Siri perlu belajar darinya. Bagi kamu yang pengguna Android, itulah yang perlu kamu banggakan. Bagi kamu yang pengguna iOS, tenang saja, cepat atau lambat, Apple akan menyediakan fasilitas tersebut. Menurutmu kelebihan Google Assistant yang mana yang paling bermanfaat untukmu?

Baca Juga:   Ramai-ramai Soal Cebong-Kampret di Medsos

(Sumber : tech.idntimes.com)

Baca Juga :