5 Kelebihan Ini Hanya Dimiliki Anda yang Pernah Magang

REKANBOLA – Anda pasti pernah merasakan proses magang saat masa kuliah dulu. Magang sering menjadi salah satu kegiatan saat masih mahasiswa. Ada beberapa jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk magang, sementara yang lain hanya pilihan.

Namun magang setelah lulus sekolah/kuliah itu beda lagi. Banyak yang berpikir kalau mendingan langsung cari kerja sungguhan saja, yang tetap dan terikat kontrak.

Menjadi anak magang memang tidak memberi pemasukan yang banyak, namun bisa memberi banyak hal bermanfaat lainnya. Salah satunya, meningkatkan nilai Anda sebagai generasi muda berbakat.

Berikut 5 kelebihan yang hanya dimiliki anak magang sebelum mendapat pekerjaan, dikutip Hipwee.

Belajar soal pilihan

Ketika memutuskan untuk magang, pastinya Anda ingin tempat yang bisa membantu keberhasilan di masa depan. Namun, untuk menemukan tempat yang tepat tersebut memang tidak mudah.

Pertama, Anda harus tahu bidang apa yang diinginkan, setelah itu juga harus tahu juga ingin posisi apa. Apakah pegawai lapangan, atau di balik meja. Dari sini, anak magang belajar membuat pilihan serta menghadapi setiap konsekuensinya.

Belajar tentang disiplin dan kewajiban

Anda pasti kerap merasa malas untuk mengerjakan tugas saat duduk di bangku kuliah. Namun saat magang di suatu perusahaan, Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut dan belajar disiplin.

Berani bertanya

Menjadi anak magang, Anda akan bertemu dengan senior dan orang yang jauh lebih berpengalaman. Di momen ini, Anda bisa melatih kemampuan bertanya sekaligus memahami dengan cepat penjelasan atau instruksi yang diberikan pada Anda.

Teori dan praktek selalu berbeda

Anda boleh berbangga bila semasa mahasiswa nilai Anda tak pernah kurang dari A. Namun tak jarang, di lapangan kondisinya berbeda dengan yang di teori. Di sini pentingnya pengalaman.

Baca Juga:   Kepala Bappenas Ajak Investor Rusia Perluas Investasi di RI

Menjadi anak magang, memberimu kesempatan untuk menengok langsung realita, dan beradaptasi dengannya. Magang itu seperti kerja sungguhan tapi masih belajar. Jadi waktu nanti sudah benar-benar terjun ke dunia kerja, pengalaman Anda cukup kaya dan tidak shock.

Memperluas jaringan

Seperti diketahui, magang bisa memberikan banyak manfaat mulai dari pengalaman kerja, mentor yang berkualitas, dan kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang yang otomatis membuka link untuk karier impian.

Jika Anda beruntung, bukan mustahil Anda ditawari untuk ikut seleksi pegawai tetap saat perusahaan tempat Anda magang membuka lowongan kerja untuk pegawai tetap. Dengan bekal saat magang, pastinya Anda akan lebih pede dan tambah wawasan untuk menghadapi tes tersebut