5 Kesalahan Saat Bangun Tidur yang Bisa Merusak Mood Sepanjang Hari

REKANBOLA – Biasanya saat bangun tidur, sebagian orang akan mengecek ponsel mereka ataupun mengisi tenaganya dengan segelas kopi hangat. Mengawali hari dengan mood yang buruk bisa merusak kegiatan di sepanjang hari. Jika terjadi kesalahan saat bangun tidur di pagi hari, bisa membuat kegiatan pada hari tersebut tidak berjalan secara produktif.

Dilansir dari BusinessInsider.com, para ilmuwan dan pakar menyarankan untuk paling sedikit beberapa menit setelah bangun tidur untuk melakukan sesuatu yang bisa mendukung mood baik untuk menjalani hari. Berikut 5 kebiasaan yang salah di pagi hari yang bisa merusak mood sepanjang hari:

1. Menekan tombol snooze

Terkadang, mungkin setiap hari, ketika alarm berbunyi, anda belum siap untuk menghadapi hari itu. Sebaiknya, tahan godaan untuk menunda 5 atau 10 menit lagi untuk tidur. Seorang ahli tidur Timothy Morgenthalertold Business Insider, Jessica Orwig mengatakan, menunda alarm untuk bangun bukan menjadi ide yang baik.

“Jika Anda tertidur lelap setelah menekan tombol snooze, anda memasuki siklus tidur yang pastinya tidak akan bisa diselesaikan. Bukannya segar, anda akan merasakan grogi sepanjang hari,” jelas Jessica.

2. Tetap meringkuk di tempat tidur

Mempertahankan diri untuk meringkuk di atas tempat tidur bukan menjadi ide yang baik. Menurut Amy Cuddy, seorang psikolog Harvard, ketika seseorang bangun dengan meringkuk seperti bola janin, itu akan memberikan efek lebih stress di sepanjang harinya. Meskipun sulit, Cuddy menyarankan untuk bangun dengan mengulurkan tangan dengan lebar, dapat membantu mood dan meningkatkan kepercayaan lebih baik.

“Orang yang bangun dengan membentang tangan mereka hingga membentuk huruf V, itu akan membuat mood menjadi sangat bahagia dan semangat dalam menjalani hari,” ujarnya.

Baca Juga:   9 Gaya Delilah Fidya, gadis imut nan seksi yang dijuluki Ratu Tik Tok

3. Memeriksa ponsel

Meletakkan ponsel berdekatan dengan posisi kita tidur, akan memudahkan kita untuk menggulirkan menu guna mengecek notifikasi yang masuk tanpa berpikir dulu. Seorang penulis, Julie Morgenstern mengatakan, jangan periksa ponsel saat bangun tidur, itu akan membuat keadaan tidak baik terhadap mood.

“Hal itu akan membuat kita terkejut dan mengingat masalah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Berikan waktu jeda, minimal 59 menit untuk mengecek ponsel saat bangun tidur,” kata Morgenstern.

4. Bersiap-siap dalam gelap

Tubuh dirancang peka terhadap cahaya dan kegelapan. Natalie Dautovich dari National Sleep Foundation mengatakan, ketika bersiap-siap dalam keadaan yang gelap, bisa memberi sinyal kepada tubuh bahwa hari masih malam.

“Itu dapat membuat anda stress dalam menjalani hari. Sangat disarankan, lakukan persiapan diri dalam keadaan lampu yang menyala terang. itu akan memberikan kita semangat yang lebih baik sepanjang hari,” ujar Dautovich.

5. Minum kopi

Sebagian besar orang biasa memulai hari mereka dengan secangkir kopi hangat, tapi ternyata cara tersebut tidak baik. Tubuh secara alami akan menghasilkan jumlah hormon stress kortisol yang lebih tinggi. Hal itu yang akan mengatur energi dalam tubuh antara jam 8 hingga 9 pagi.

Jika mengonsumsi kafein sebelum waktu tersebut, tubuh akan mulai menyesuaikan diri dengan memproduksi lebih sedikit hormon stress kortisol di pagi hari. Ini akan berdampak buruk pada hari yang akan dijalani. Disarankan, waktu terbaik untuk minum kopi setelah jam 9:30.

Kebiasaan mana yang sering kalian lakukan saat pagi? Share di kolom komentar ya.