5 Pemain Cadangan Termahal di Liga Inggris

Berstatus pemain top tak menjamin seorang pesepak bola bisa mendapatkan tempat utama di sebuah klub. Banyak pemain yang sudah membuktikan hal itu. Meski berbanderol mahal, beberapa pemain tersebut justru kerap menghiasi bangku cadangan.

Pemilihan pemain yang masuk dalam daftar starting XI adalah mutlak keputusan pelatih. Jika sang pemain tak memenuhi kriteria seorang pelatih, tentu ia harus bersiap-siap menerima perlakuan yang tak menyenangkan.

5. Daniel Sturridge (21,25 juta pounds)

Sejatinya, Sturridge adalah pemain dengan bakat yang luar biasa. Hal itu sudah diperlihatkan Sturridge setelah meninggalkan Manchester City demi bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2009. Setelah menunggu cukup lama dan sempat dipinjamkan, Sturridge akhirnya mendapatkan tempat utama di musim 2011/2012.

Aksi mengesankan pun diperlihatkan pemain kelahiran 1 September 1989 itu di paruh kedua 2012/2013 dan musim 2013/2014. Dari 49 laga dalam satu setengah musim, Sturridge melesakkan 35 gol. Sayang, mulai musim 2014/2015, kariernya malah diganggu momok cedera.

Karenanya, Jurgen Klopp pun ragu memainkannya di musim 2016/2017. Ia baru memainkan sembilan laga di semua kompetisi musim ini. Klopp lebih senang memainkan trio Sadio Mane, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino di lini depan.

4. Morgan Schneiderlin (23,8 juta pounds)

Sayang, nasibnya ketika MU dilatih Jose Mourinho langsung berubah drastis. Ia sama sekali tak dilirik Mourinho hingga baru memainkan tujuh laga di musim ini. Kebetulan, tingkat persaingan di posisinya begitu ketat.

Untuk mendapatkan tempat utama, Schneiderlin harus bersaing dengan Paul Pogba, Bastian Schweinsteiger, Marouane Fellaini, Ander Herrera, dan Michael Carrick. Artinya, peluang untuk tampil secara regular pun sulit didapat Schneiderlin.

3. Leroy Sane (25,5 juta pounds)

Ini memang menjadi musim perdana Sane mengecap petualangan di Liga Inggris. Sebelumnya, pemain berusia 20 tahun itu menghabiskan tiga musim bersama Schalke 04. Ia mencuri perhatian ketika menyumbangkan sembilan gol dan tujuh assist dari 42 laga di musim lalu.

Itu yang membuat Pep Guardiola tertarik merekrutnya usai dilantik sebagai pelatih Manchester City. Sayang, karena faktor usia, Sane pun lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan.Total, ia baru memainkan delapan laga dan menciptakan dua assist di musim ini. Dengan usianya yang masih terbilang muda, Guardiola tentu lebih mengandalkan pemain-pemain yang lebih berpengalaman.

Untuk mendapatkan tempat utama, ia harus bersaing dengan Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Nolito, dan Jesus Navas. Tak heran jika Sane hanya ditempatkan sebagai pemain lapis kedua bagi The Citizens.


2. Oscar (29,75 juta pounds)

Saat baru dihadirkan dari Internacional pada musim panas 2012, banyak yang menilai Oscar akan memiliki masa depan yang cerah bersama Chelsea. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah laga yang dimainkan pemain asal Brasil itu di musim 2012/2013-2015/2016.

Sayang, ketika Antonio Conte datang, perubahan nasib pun harus dialami Oscar. Hingga pekan ke-11 Liga Inggris 2016/2017, Oscar baru dimainkan dalam tujuh lama. Bahkan, dua di antaranya sebagai pemain pengganti.

Itu mengapa Oscar mulai dilaporkan akan segera hengkang dari Chelsea. Jika hal itu benar-benar terjadi, klub-klub Italia seperti Inter Milan dan Juventus siap menampung pemain berusia 25 tahun tersebut.

1. Wayne Rooney (29,75 juta pounds)

Nasib Rooney saat ini sudah menjadi bahan perbincangan banyak pihak. Banyak yang mempertanyakan keputusan Mourinho untuk menjadikannya sebagai pemain cadangan MU. Situasi itu berawal saat tampil buruk ala MU bertandang ke markas Watford pada pekan kelima Liga Inggris 2016/2017 di Vicarage Road Stadium, 18 September 2016.

Sejatinya, keputusan itu diambil Mourinho karena ia masih kesulitan menentukan starting XI MU. Untuk posisi penyerang tengah, Mourinho sudah mempercayakannya kepada Zlatan Ibrahimovic.

Untuk peran sebagai gelandang serang, Mourinho pun sudah memiliki pilihan dengan keberaan Juan Mata, Jesse Lingard, dan Marcus Rashford. Namun, Mourinho berani memainkan Rooney sebagai starter saat MU menang 3-1 atas Swansea City, 6 November 2016.

Facebook Comments