5 Perusahaan Ini Kembangkan Ponsel Lipat, Siapa Saja?

REKANBOLA – Ponsel lipat tampaknya akan menjadi salah satu teknologi masa depan. Pasalnya beberapa vendor ternama telah mengklaim akan meluncurkan ponsel lipat dalam waktu dekat.

Menariknya lagi, perusahaan asal Amerika Royole Corporation telah debut sebagai pemegang predikat ponsel lipat pertama di dunia, dengan meluncurkan FlexPai pada 1 November 2018.

Lalu, siapa lagi yang akan meluncurkan ponsel lipatnya? Berikut ulasannya seperti Okezone lansir dari beberapa sumber, Sabtu (3/11/2018).

1. Samsung

Samsung mungkin menjadi vendor pertama yang mengumumkan rencana membuat ponsel lipat. Bahkan selama beberapa tahun, pengguna telah mendengarkan rumor dan laporan bahwa Samsung tengah mengembangkan ponsel tersebut. Namun sayangnya hingga saat ini perusahaan belum resmi mengungkapkan kapan ponsel akan tiba dipasaran. Selain itu spesifikasi ponsel juga belum banyak terungkap. Ponsel tersebut dikenal dengan istilah Galaxy F.

2. Huawei

Huawei dikabarkan menantang Samsung untuk meluncurkan ponsel lipat pertamanya. Bahkan, pada acara peluncuran Mate 20 dan Mate 20 Pro pada 16 Oktober 2018, CEO vendor asal China tersebut Richard Yu menegaskan kembali jika handset saat ini dalam tahap pengembangan.

Selain itu ponsel juga kabarnya akan didukung konektivitas 5G

3. Lenovo

Selain Samsung dan Huawei, Lenovo juga mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan ponsel lipat sekitar akhir September 2018. Sebelumnya, pada awal 2016 prototipe ponsel lipat milik Lenovo menjadi bahan perbincangan.

4. Apple

Seolah tak mau kalah, Apple juga akan meluncurkan ponsel lipat. Kabar terbaru menyebut vendor ponsel pintar asal Amerika Serikat itu telah mendaftarkan paten Iphone lipat. Kabar itu diperoleh setelah bocoran rancangan ponsel tersebut viral di dunia maya.

Baca Juga:   Beragam Prahara yang Menimpa WhatsApp

Sekilas rancangan Iphone lipat mirip dengan Samsung. Bagian layarnya dapat ditekuk layaknya dompet. Apple sebenarnya telah mengajukan paten ini sejak September 2016. Namun, USPTO baru saja meloloskan permohonan tersebut.

5. LG

Dalam daftar terakhir, raksasa teknologi asal Korea, LG juga kabarnya akan mendebutkan ponsel lipat pertama mereka dalam gelaran CES 2019.

Rumor tentang rencana LG tersebut dibocorkan oleh seorang akun pembocor di Twitter. Namun yang pasti itu masih bocoran semata,

Sebetulnya tidak hanya ponsel, beberapa produsen teknolgi juga tengah mengembangkan tablet yang mampu dilipat. Seperti halnya, Microsoft dengan proyek Andromeda-nya, kemudian LG, Samsung, Lenovo dan Intel pun menyusul.