5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

 

Rekanbola.com – Salah satu yang diekspektasikan banyak orang di Google I/O 2018 adalah diluncurkannya Android P versi Beta. Meskipun belum banyak ponsel saat ini yang menggunakan Android Oreo dan hanya sebagian kecil masyarakat yang sudah merasakannya, netizen tetap sangat antusias menunggu kehadiran Android P.

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

Apa saja sih yang membedakan Android P dari sebelum-sebelumnya? Menurut informasi dari pihak 9to5Google, berikut ini adalah 5 prediksi kelebihan Android P yang bisa segera kamu rasakan!

1. Posisi/lokasi di dalam ruangan (indoor positioning) jadi mungkin kamu ketahui, seakurat Google Maps

5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

Sering disuruh share location oleh temanmu saat ingin ketemuan? Android akan makin canggih dengan menambahkan detail posisimu di dalam ruangan/gedung. Harapannya pun kamu tidak akan kesasar di dalam gedung karena petunjuknya akan sebagus saat berada di luar ruangan.

Dengan bantuan Round-Trip-Time WiFi, hal ini jadi memungkinkan. Fitur 802.11 mc ini akan memungkinkanmu tahu seberapa jauh posisimu dari akses poin WiFi yang terhubung denganmu, dengan ini juga developer bisa menggunakan datanya untuk menampilkan posisimu secara akurat, di dalam ruangan.

2. Sistem notifikasinya akan terus berkembang, jauh daripada yang sekarang

5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

Para developer Google membuat percakapan di gawaimu lebih mudah, dengan notifikasi yang ditambahi berbagai fasilitas praktis. Attachment gambar dan stiker sekarang muncul di baris notifikasi. Ini meningkatkan pengalaman berbalas pesan singkat secara drastis. Selain itu juga memungkinkan hanya sebuah notifikasi bisa menyampaikan gambaran pesan lengkapnya, tapi tetap dalam bentuk singkat.

3. Android meningkatkan privasinya sampai tiga kali lipat

5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

Ada banyak hal terkait keamanan dan privasi yang diberlakukan untuk Android P. Yang terbesar sejauh ini adalah sistem pembatasan baru untuk sensor, kamera, dan mikrofon ketika suatu aplikasi ditandai sebagai menganggur. Semua sistem ini akan berhenti melaporkan ke aplikasi, segera setelah menganggur (bukan aplikasi utama yang sedang dibuka) dan aplikasi apa pun yang mencari informasi dari sumber-sumber itu, tidak akan mendapat respon apa pun. Google sejauh ini akan mengusahakan penghapusan bahasa apa pun yang meminta akses latar belakang, karena fitur-fitur itu tidak akan lagi berfungsi.

Baca Juga:   Paul Pogba Terlalu Mahal, Real Madrid Sudah Tak Tertarik

Google juga mengaktifkan enkripsi untuk backup, dengan perahasiaan dari sisi klien dan per-jaringan, serta pengacakan alamat MAC. Namun fitur-fitur ini tidak akan sepenuhnya tersedia sampai versi terbaru pratinjau Android P. Selain itu, aplikasi individual akan memiliki akses yang lebih baik ke sistem sidik jari di Android P, termasuk UI yang lebih baik di seluruh aplikasi. Sehingga pengguna tahu bahwa otentikasi sidik jari berasal dari sumber tepercaya yang sama.

4. Android P akan sangat mendukung layanan multi-kamera, seperti yang tampak pada berbagai gawai kekinian

5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

Beberapa ponsel Android memiliki banyak kamera di bagian depan atau belakang baru-baru ini, tetapi sangat sedikit dari mereka yang dapat bekerja secara bersamaan. Google menambahkan API bagi developer untuk menjelajahi dunia, di mana beberapa kamera memungkinkan digunakan pada saat yang bersamaan. Kemungkinannya beragam, dari sistem penginderaan mendalam menggunakan beberapa kamera ke mode potret live ala iPhone/iPad, atau bahkan menggunakan kamera standar dan kamera termal pada saat yang sama untuk melapisi dua gambar.

Selain itu, Google menambahkan dukungan tambahan aplikasi untuk menggunakan stabilisasi gambar dan flash berbasis tampilan, seperti aplikasi kamera utama di ponselmu. Intinya adalah kamera ketiga akan terus menjadi lebih baik.

5. Dukungan penuh juga akhirnya bisa diberikan untuk ponsel berlayar penuh yang ada di masyarakat saat ini

5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan

Karena produsen mengecilkan pinggiran layar dan sensor yang menghadap ke depan meninggalkan suatu sudut di layar ponselmu, Android P akan mempermudah mendukung “notch” atau poni layar dengan API khusus, untuk membantu membuat UI di sekitar sudut tersebut. Ini berarti aplikasi layar penuh dengan tombol di sisi akan dapat secara aktif menghindari area sudut di layar, yang sangat efektif dan nyaman untuk semua orang.

Baca Juga:   Xiaomi Mi Max 3 Rilis 19 Juli

Untuk membantu pengembang dalam tahap awal ini, beberapa gaya sudut yang berbeda telah ditambahkan ke simulator Android P, sehingga kamu dapat menguji hal-hal ini, tanpa memiliki ponsel dengan sudut menganggur, tampilan yang terlalu mepet ataupun terpotong.

(Sumber : tech.idntimes.com)

Baca Juga :