5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

 

Rekanbola.com – Genap satu tahun mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mendekam di tahanan Mako Brimob Kelapa Dua. Ahok menjadi diputus bersalah dalam kasus penistaan agama. Ia masih harus menjalani 1 tahun lagi sebelum bebas.

Baca Juga :

7 Meme Beda Kelakuan Cewek Di Instagram Vs Realita Ini Mak Jleb Banget

Selama di penjara banyak kegiatan yang Ahok lakukan, termasuk menulis surat dan catatan. Kami  merangkum tulisan tangan Ahok yang ia kirimkan kepada pendukungnya melalui buku yang ia jual. Apa saja 5 tulisan tangan Ahok itu?

1. Surat batal banding vonis 2 tahun penjara

5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

Setelah divonis 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Ahok melalui pengacaranya sempat mengajukan banding. Namun tidak lama setelahnya, atau tepatnya pada 21 Mei 2017, Ahok menuliskan surat berisikan pembatalan banding kasusnya.

Surat itu sendiri dibacakan oleh istrinya saat itu Veronica Tan seraya menangis. Berikut isi suratnya.

Rumah Tahanan Depok,

Minggu 21 mei 2017

Kepada relawan dan pendukung Ahok yang saya cintai, semua yang telah menjalani proses demokrasi di mana pun berada. Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang saya alami. Saya mau berterima kasih kepada saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku, bahkan dengan berkumpul dengan menyalakan lilin. Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini. Apalagi saya…

Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini. Jika untuk kebaikan berbangsa dan bernegara, alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi akibat adanya unjuk rasa yang menganggu lalu lintas.

Tidaklah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak yang akan menunggangi jika para relawan berunjuk rasa, apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita.

Terima kasih telah melakukan unjuk rasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan, konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila dan UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Mari kita tunjukkan bahwa Tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa. Kita tunjukkan bahwa kita orang yang beriman kepada Tuhan Yang Masa Esa pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia.

Gusti ora sare…

Put your hope in the Lord now and always (Mazmur 131 ayat 3)

Kalau dalam iman saya, saya katakan: The Lord will work out his plans for my life (Mazmur 138 ayat 8a).

Ahok BTP.

2. Surat Ahok untuk berakhirnya program Mata Najwa

5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

Melalui akun Instagram miliknya, @timbtp memposting tulisan tangan Ahok berupa surat untuk Najwa Shihab. Surat itu dibuat Ahok karena program Mata Najwa sudah tidak tayang lagi di salah satu TV swasta per akhir Agustus 2017.

Baca Juga:   PDIP Jatim genjot popularitas Puti lewat roadshow

Selembar catatan Ahok buat Mata Najwa & Nana

Mako Brimob, 16-8-2017

Saya termasuk yang sering diundang di acara Mata Najwa (Geer dikit :)), yang pasti banyak pendukung jadi pro dan kontra jika saya hadir, kenapa? Karena Najwa akan bertanya secara tajam dan akan memancing atau ‘memojokkan’ kita yang khawatir memberi kesan kita salah atau bohong.

Bagi saya, Nana seorang yang profesional dan tidak ‘ngeyel’ terus memberi kesan menekan, Nana hanya ingin pemirsanya mendapatkan kebenaran dan pertanyaan-pertayaannya yang tajam tentu saja dengan tatapan mata Najwa yang khas.

Saya bersyukur acara Mata Najwa membuat saya tampil apa adanya dan tentu menjawab apa adanya. Hadapi pertanyaan dan tatapan mata Najwa, hanya satu kuncinya, kita harus jawab sesuai dengan yang ada di hati/nurani. Mulut dan otak harus sama. Di situ Nana dan penonton akan terima semua jawaban kita.

Saya doakan Nana sukses dan penuh suka cita di mana pun dia berkarya.

Tuhan memberkatimu, Nana.

3. Surat romantis Ahok dalam peringatan 20 tahun pernikahan  

5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

September 2017, Ahok mengirimkan surat yang sangat romantis untuk istrinya Veronica Tan. Surat itu ditulis Ahok dalam rangka peringatan 20 tahun pernikahan mereka. Surat itu dibacakan oleh anak pertama Ahok, Nicholas Sean Purnama. Berikut isi suratnya:

Untuk Vero istriku,

Sekarang aku harus berterima kasih akan keadaan saat ini kepada semua pihak yang menyebabkan aku menjadi narapidana dan ditahan langsung tanpa menunggu proses lebih lanjut.

Tak terbayang jika aku tidak ditahan, aku akan terus bekerja seperti dulu sampai Oktober sampai masa jabatan. Itu artinya saya bangun jam 04.30 (kamu memberiku gelar robot) karena semua waktu dihitung tepat agar aku bisa tiba di Balai Kota jam 07.30 WIB karena sudah banyak yang menunggu dan kerja non stop sampai pulang ke rumah sudah di atas jam 21.00 WIB.

Sabtu-Minggu selain ke kawinan, juga selesaikan dispensi surat dan kadang sampai tengah malam di malam Senin agar hari Senin tidak ada surat yang tertinggal. Kamu memberi gelar padaku robot sungguh benar.

Sekarang di hari pernikahan kita yang ke-20 tahun, saya bersyukur bisa ada waktu mengenalmu dan memperhatikan kamu. Dulu aku benar-benar ‘take it for granted’ sampai-sampai anak juga kamu yang ajak jalan dan bicara.

Hadiah terbesar HUT pernikahan ke-20 tahun adalah aku di dalam tahanan menyadari betapa beruntungnya pernikahan kita masih utuh dan engkau memaafkan semua kegilaan kerjaku melayani masyarakat. Dan sekalipun mendapat balasan masuk dalam tahanan dan tidak dipilih, tetapi saya mendapatkan istri yang mengasihi aku dan anak-anak kembali. Kalau ada yang salah dalam hubungan suami istri umumnya yang salah pasti sang suaminya

Aku bersyukur dalam tahanan menjadi banyak waktu untuk merenung, betapa istriku bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah jadi dewasa, mampu berprestasi akan menjadi perempuan penolong bagi saya.

Sungguh benar dikatakan dalam Amsal Salomo, istri yang berakal budi adalah anugerah Tuhan.

4. Catatan Ahok soal perceraiannya dengan Veronica Tan

5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

11 Januari 2018, publik digemparkan dengan tulisan tangan berisikan curahan hati (curhat) dari Ahok yang menuliskan tentang perceraiannya dengan Veronica. Tulisan tangan yang lebih tepat disebut sebagai catatan itu ditulis Ahok tanpa menunjukkan untuk siapa surat itu.

Baca Juga:   10 Potret Manis Putri Una, dari DJ Hits Sampai Jadi Mama Muda

Meski demikian, surat itu menjadi awal dari perceraian antara Ahok dan Veronica. Keduanya menikah pada 6 September 1997 dan resmi bercerai pada 4 April 2017. Berikut surat yang ditulis Ahok.

2.30

Sabtu

6-1-2018

Dalam pernikahan ada satu kata jangan pernah diucapkan yakni “Cerai’ ! Ketika Yesus ditanya tentang perceraian, begitu tegas jawabannya: Tidak boleh ada perceraian kecuali berzinah.

Apa yang terjadi jika perempuan yang terus menentang bercerai dan prianya tidak terima? atau diterima kemudian perempuannya batalkan karena melihat prianya akan ini menjadi buah simalakama tidak mencerai tetapi mengancam cerai setiap kali ada bukti hubungan dengan pria lain.

Inilah posisi yang sulit untuk pria bertahan tidak cerai artinya “tutup mata” dengan pertemanan khusus dengan pria lain. Cerai dianggap egois (anak-anak bisa dipengaruhi) seolah-olah pria tidak sayang keluarga karena menceraikan ibunya?)

satu lagi yang tidak pernah boleh lakukan menentang Tuhan untuk buktikan masih ada hubungan dengan pria/perempuan lain. Tuhan pastikan akan dibukakan setelah sampai ke titik yang tidak mungkin kembali, (tulisan tidak terbaca -red) sadar?atau melindungi kepentingan sendiri dan prianya, bukankah mudah untuk perempuan memutuskan pria ‘teman baiknya’ jika suami sudah tahu dan maafkan, setiap misscall (tidak terbaca) saja.

Jika tidak mau lapor dan ketahuan, namanya masih terus hubungan Roma 8:6

Ahok

5. Surat misterius Ahok untuk para pendukungnya

5 Surat Ahok dari Penjara: Dari yang Romantis Hingga Tragis

Baru-baru ini Ahok kembali mengirimkan surat yang menjadi viral, kali ini untuk pendukungnya. Namun masih belum jelas maksud dari surat itu. Adik Ahok Fifi Lety melalui Instagram-nya menuliskan “Tiba-tiba banyak yang bertanya kepada saya: apa benar ini tulisannya Pak Ahok? Jawabannya iya benar itu tulisan Beliau. Bagi yang mau share monggo silakan dishare. Trims buat semua Ahokkers Sejati,” tulis Fifi.

Baca Juga:   Juve Kalah, Allegri: Harusnya Kami Bisa Cetak Empat Gol!

AHOKERS SEJATI PASTI

TEGAKKAN KEBENARAN, KEJUJURAN

DAN KEADILAN.

TIDAK BOLEH GOLPUT, TETAP PILIH

AHOK & SAHABATNYA

SALAM BTP.

Ahok

Mako Brimob

4-5-2018

(Sumber : news.idntimes.com)

Baca Juga :