5 Tanda Jika Peralatan Kecantikanmu Sudah Saatnya Diganti

REKANBOLA – Sama halnya dengan produk makeup yang memiliki tanggal kedaluwarsa, peralatan makeup pun memiliki batas waktu pemakaian. Bedanya, alat makeup tak memiliki tanggal pasti kapan harus diganti. Nah, kalau sudah melihat beberapa tanda seperti di bawah ini, maka sudah waktunya mengucapkan selamat tinggal pada beautytools kesayangan kamu. Kira-kira apa saja tandanya? Simak artikel berikut ini!

Jika Sahabat Fimela menemukan bristles atau bulu brush mulai rontok terus menerus, itu merupakan tanda bahwa brush perlu diganti. Merendam area sikat tempat ferrule atau bagian logam yang bertemu bulu brush merupakan penyebab lem mengendur. Hal ini lah yang kemudian akan membuat bulu pada brush lama kelamaan lepas dari ferrule. Tak jarang pula bristles akan menempel pada wajah. Kalau sudah begitu, lebih baik langsung ganti brush, ya!

Sponge Berjamur

Makeup sponge memang memudahkan dalam pengaplikasian makeup, namun, kamu perlu perhatikan umur sponge ini ya. Pasalnya, makeup sponge biasanya hanya dapat bertahan selama tiga bulan. Kalau memang kamu rutin membersihkannya, maka bisa saja makeup sponge memiliki umur lebih dari tiga bulan. Meski begitu, kamu perlu memerhatikan apa ada bintik hitam atau noda yang tak bisa hilang pada sponge. Bisa jadi, ini lah tanda bahwa spongemu berjamur dan perlu diganti.

Gagang Patah

Merendam brush terlalu lama selain membuat bristles rontok, juga dapat membuat gagang cepat patah. Terutama pada gagang yang tipis dan panjang seperti brush eyeliner yang lebih mudah patah. Jika sudah begini, tentu sikat pada brush tidak dapat berfungsi dengan benar. Sebaiknya ucapkan selamat tinggal pada brush lama kamu dan bersiap menggantinya dengan yang baru, ya!

Baca Juga:   10 Potret Lana Rose, YouTuber Seksi Asal Dubai Penggemar Mobil Sport

Pelat Catokan Bermasalah

Selain brush dan sponge, salah satu alat kecantikan yang perlu diperhatikan adalah straightener atau catokan. Walaupun alat satu ini terlihat kuat karena terbuat dari besi, kamu tetap harus melihat kondisi pelatnya atau lapisan metal pada catokan. Jika pelat sudah menunjukkan adanya goresan bahkan menipis, bisa jadi catokan kamu sudah kedaluwarsa alias perlu diganti. Cara lain untuk mengetahui kondisi catokan kamu adalah melihat fungsi indikator suhu.

Eyelash Curler Tidak Nyaman

Sama halnya dengan catokan yang terlihat kokoh, eyelash curler atau pelentik bulu mata ternyata juga memiliki masa kedaluwarsa, lho! Pasalnya, bantalan atau silicone pad pada pelentik bulu mata seharusnya diganti setiap tiga bulan sekali. Penjepit bulu mata bisa saja tak berfungsi normal ketika sudah melewati waktu enam bulan. Nah, jika silicone pad pada eyelash curler kamu sudah tak dapat melentikkan bulu mata dan susah digunakan, sebaiknya ganti dengan yang baru, ya!