5 Tempat Menakjubkan di Bumi Seperti Negeri Dongeng!

Rekanbola.com – Bumi kita ternyata berisi tempat-tempat menakjubkan yang nggak terhitung jumlahnya. Tempat-tempat ini berhasil ditemukan melalui banyak cara, mulai dari mengeksplor lewar darat, jauh didalam laut, di udara, bahkan di bawah permukaan bumi. Bumi kita nggak henti-hentinya menemukan cara untuk mengesankan kita dalam mengekspresikan keindahannya. Yuk simak ulasan selengkapnya tempat paling menakjubkan di bumi yang membuat kamu terpesona akan keindahannya!

1. Fly Geyser di Nevada, Amerika Serikat

Dikenal dengan “Fly Ranch Geyser” merupakan geyser geithermal kecil yang berada dilokasi pribadi seorang warga di Washoe country, Nevada sekitar 32 kilometer dari utara Gerlach. Berada di lahan pribadi warga di Gurun Black Rock Nevada, Fly Geyser merupakan satu dari sekian banyak atraksi alam paling mengagumkan, dimana sebagian besar orang masih belum mengetahuinya.

Fly Geyser mampu menyemburkan air lima meter ke atas permukaan tanah, yang dapat dilihat melalui kilometer ke tiga Rute 34, satu-satunya titik dimana Anda bisa melihatnya semenjak Geyser ini ditutup untuk publik. Fly Geyser sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja dari kegiatan pengeboran di awal tahun 1900-an.

Secara tiba-tiba pada titik pengeboran mulai memanas kemudian air panas geotermal mulai naik perlahan dari celah-celah sumur bor. Para pekerja berusaha menutup celah tersebut namun usaha mereka sia-sia. Di tahun 1964, geyser ini mulai mengeluarkan erupsi di berbagai titik, erupsi tersebut juga mengeluarkan deposit mineral yang mengendap membentuk gunung-gunung kecil serta banyak terasering. Berkat algae termofilik yang mampu hidup di air panas, memunculkan warna-warna seperti merah dan biru pada gungukan-gundukan tersebut.

2. Bentang Alam Zhangye Danxia di Gansu, China

Baca Juga:   10 Daftar Perempuan Paling Dikagumi di Indonesia

Zhangye National Geopark berada di kota kecil Sunan and Linze yang merupakan prefektur Zhangye, provinsi Gansu, China. Terkenal dengan gugusan batu warna-warninya yang didapuk sebagai bentang alam terindah di China.

Zhangye Danxia dikenal memiliki bebatuan dengan warna yang unik, permukaan halus dan tajam setinggi ratusan meter yang merupakan hasil deposit batu pasir/paras dan mineral lain yang terbentuk sekitar 24 juta tahun lalu. Menghasilkan lapisan mirip lapisan kue yang merupakan kejadian yang sama yang bertanggung jawab dalam terbentuknya Pegunungan Himalaya.

Selain itu erosi air dan angin juga bertanggungjawab atas terbentuknya pilar-pilar batu dan cekungan dengan beragam bentuk yang luar biasa dan memiliki warna-warni dan motif yang unik dengan beragam ukuran. Zhangye Danxia didapuk oleh 34 media besar di China sebagai bentang alam terindah di China di tahun 2005.

Chinese National Geography juga menyatakan bahwa Zhangye Danxia sebagai satu dari enam bentang alam terindah di China pada tahun 2009 dan menjadi tujuan wisata terpopuler di Zhangye. Di tahun 2014, sebanyak 100 juta yuan telah diinvestasikan untuk membangun fasilitas pariwisata di kawasan Binggou.

3. Gua Son Doong di Vietnam

Gua Son Doong merupakan jantung taman Phong Nha Ke Bang National Park di Provinsi Quang Binh, Vietnam. Baru ditemukan oleh Asosiasi Peneliti Gua Inggris (British Cave Research Association) pada tahun 2009-2010, dan telah dibuka untuk umum pada tahun 2013.

Gua ini merupakan gua terbesar di dunia hingga pesawat Boeing 747 dapat terbang melintas didalamnya. Lanskap yang asing dengan stalagmit besar berdiri di atas tanah dengan stalaktit berukuran besar bergantungan di atasnya. Vegetasi tumbuhan menyerupai hutan juga dapat ditemukan disini.

Baca Juga:   Kesalahan di 9 drama Korea ini tak pernah disadari, kamu sadar nggak?

4. Dragonblood Trees di Socotra, Yaman

Dracaena cinnabari, atau pohon darah naga dari kepulauan Socotra, Yaman, lautan Arab. Dinamai demikian berdasarkan getah merah yang dihasilkan pohon ini. Tanaman ini memiliki penampilan yang unik dengan bentuk penampangnya mirip seperti payung.

Tanaman ini menghasilkan buah beri berukuran kecil yang mengandung 1-3 biji benih yang dimakan dan disebarkan oleh beragam jenis burung seperti Onychognatus. Benihnya berdiameter sekitar 4–5 mm dengan berat rata-rata 68 mg. Buahnya mengeluarkan resin bernama merah yang menjadikan tanaman ini disebut dragon’s blood.

Pohon dragon’s blood menghasilkan bunga sekitar bulan February,berbeda-beda tergantung lokasinya. Bunganya cenderung tumbuh tdiujung cabang pohon. Bunganya membentuk suatu susunan di tangkainya dengan menghasilkan sedikit tandan wangi dengan warna bunganya yang putih atau hijau.

Buahnya matang sempurna setelah lima bulan sebagai beri yang berdaging buah tebal yang berubah warna dari hijau menjadi hitam saat matang, kemudian berakhir menjadi oranye kemerahan dengan 1-3 biji didalamnya. Buahnya biasa dimakan oleh burung dan hewan liar lainnya.

5. Antelope Canyon di Amerika serikat

Antelope canyon adalah celah ngarai yang berada di Barat Daya Amerika yang merupakan tanah milik suku Navajo. Antelope canyon terdiri dari dua bagian yaitu “The Crack” di bagian atas dan “The Corkscrew” di bagian bawah. “The Crack” disebut dalam bahasa setempat dangan nama Tsé bighánílíní, yang berarti tempat turunnya air dari bebatuan.

Sedangkan “The Corkscrew” di bagian bawah dinamai penduduk ssetempat dengan Hazdistazí atau Hasdestwazi yang berarti lengkungan batu spiral keduanya berada di the LeChee bagian dari negara bagian Navajo Nation. Antelope Canyon terbentuk melalui erosibatuan pasir Navajo, terutama oleh banjir dan sebab kedua oleh proses sub-aerasi.

Baca Juga:   Perangkat F5 limited special, OPPO gandeng desainer ternama

Hujan terutama selama musim berangin berubah menjadi kolam besar diatas celah ngarai meningkatkan kecepatan air dan pasir yang melalui celah sempit tersebut, seiring waktu perlahan celah tersebut mulai tererosi menciptakan koridor yang makin dalam dan memperhalus tepian ngarai yang keras sebagai karakter celah ngarai yang seakan mengalir.

Itulah beberapa tempat yang sangking indahnya kamu nggak akan menyangkanya kalau tempat-tempat tersebut ada di bumi. Bumi memang menyimpan banyak keindahannya, oleh karena itu kita mesti menjaganya supaya generasi mendatang tetap dapat menikmati keindahan bumi ini. Nah, gimana apa kamu tertarik untuk mengunjunginya Famous People?

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo