6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

 

Rekanbola.com – Selama ini Amerika Serikat, Australia, Singapura, Malaysia, Jepang, selalu menjadi tujuan sebagian besar orang Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Namun akhir-akhir ini tren tersebut mulai bergeser.

Saat ini banyak calon mahasiswa asal indonesia memilih benua Eropa sebagai tujuannya, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Dari ketiga negara tersebut, sebagian besar calon mahasiswa Indonesia memilih Jerman sebagai tujuan favoritnya.

Salah satu seleb ganteng Indonesia yakni Christian Sugiono adalah juga lulusan salah satu universitas di Jerman. Suami Titi Kamal ini merupakan lulusan dari Hamburg University of Technology. Kenapa Jerman sangat digemari oleh para calon mahasiswa Indonesia?

1. Universitas di Jerman berkualitas baik

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Di Jerman ada ratusan universitas, dan semuanya terakreditasi baik. Semua universitas di Jerman sangat bermutu, dan berkualitas secara merata. Banyak sekali universitas Jerman yang masuk kedalam 100 besar universitas terbaik di dunia.

Di Jerman aspek praktikal juga sangat diperhatikan, jadi bukan hanya teori saja. Pemerintah Jerman sangat mendukung sektor pendidikan, sehingga rata-rata universitas di Jerman memiliki fasilitas laboratorium praktek yang canggih dan berbagai fasilitas modern lainnya untuk mendukung para mahasiswa melakukan berbagai proyek penelitian.

Jika kamu ingin kuliah di bidang sains dan teknik, maka Jerman adalah pilihan yang tepat. Karena di bidang sains dan teknik, Jerman memang diakui terbaik di dunia.

2. Biaya kuliahnya gratis

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Di Jerman biaya kuliah di subsidi oleh pemerintah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk warga negara Jerman saja, tapi juga berlaku untuk seluruh mahasiswa internasional.

Sehingga jika kamu ingin melanjutkan kuliah di negara ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah dan buku-buku pelajaran. Kamu hanya perlu menyediakan biaya untuk tinggal dan hidup sehari-hari di Jerman.

Baca Juga:   5 Jurus Ampuh Melupakan Mantan Kekasih

3. Biaya hidup yang relatif terjangkau

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Eropa, biaya hidup di Jerman jauh lebih murah dan terjangkau. Bahkan ada yang bilang, biaya hidup di Jerman tidak berbeda jauh dengan Jakarta.

Di Jerman para mahasiswa biasanya banyak mendapatkan potongan harga (diskon). Contohnya jika ingin menonton film, melihat pertunjukkan musik, dan tempat hiburan lainnya. Kamu hanya perlu menunjukkan kartu mahasiswamu untuk mendapatkan diskon.

4. Mendapatkan kesempatan bekerja setelah lulus kuliah

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Universitas-universitas di Jerman menjalin hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan sehingga mahasiswanya sangat terbantu sekali mencari lowongan untuk magang kerja selama kuliah, atau untuk bekerja setelah lulus kuliah.

Pemerintah Jerman memberikan kesempatan kepada para mahasiswa international yang sudah lulus kuliah untuk bekerja di Jerman selama 1,5 tahun. Kebijakan pemerintah Jerman ini tentu sangat membantu para mahasiswa yang baru lulus.

5. Jerman termasuk negara Eropa yang aman

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Keamanan adalah salah satu faktor penting sebelum kamu memutuskan untuk tinggal di suatu tempat. Jerman adalah salah satu negara yang paling aman di Eropa. Selain itu kualitas kehidupan di Jerman sangat baik, hingga negara ini termasuk negara yang rendah angka kriminalitasnya.

6. Lulusan universitas Jerman diakui dunia Internasional

6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia

Di Jerman karena biaya kuliah gratis dan ditanggung oleh pemerintah, maka para mahasiswa harus berusaha keras untuk bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Di sini tidak ada istilah sogok menyogok dosen. Karena para dosen di Jerman kehidupannya sangat diperhatikan oleh pemerintah. Dan mereka hidup dengan sejahtera.

Di Jerman hanya orang yang memenuhi standar kualitas yang ditetapkanlah yang bisa lulus. Jadi para mahasiswa benar-benar harus berjuang keras, karena itulah lulusan universitas di Jerman sangat diakui oleh dunia internasional.

Baca Juga:   Pasal Hak Imunitas DPR Dihidupkan, Fadli: Agar Tak Dikriminalisasi

Itulah 6 alasan mengapa Jerman menjadi tujuan favorit para calon mahasiswa Indonesia. Selain itu terkadang Pemerintah Jerman juga menyediakan beasiswa bagi para calon mahasiswa asal Indonesia yang ingin study S3 di sana.

Beasiswa yang disediakan biasanya adalah beasiswa penuh, yang artinya selain bebas biaya kuliah, para mahasiswa juga mendapatkan jaminan tempat tinggal, dan uang saku serta tiket pesawat PP. Untuk informasi beasiswa yang disediakan pemerintah Jerman, kamu bisa mencari informasinya di kedutaan besar Jerman di Indonesia.

Nah gimana? Udah mulai tertarik untuk kuliah di Jerman? Kalo kamu tertarik, kamu bisa mengumpulkan informasinya mulai dari sekarang.

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :