6 Alasan Kondisi Kulit Wajah Tiba-Tiba Memburuk

REKANBOLA – Sama halnya dengan rambut, kulit wajah juga bisa memburuk sewaktu-waktu. Kulit wajah yang memburuk bisa karena jerawat, gatal, atau terlihat kusam.

Namun, jangan khawatir, sekarang kamu bisa cari tahu alasan di baliknya. Dilansir dari Rekanbola.com, Rabu (15/5/2019), berikut ini adalah beberapa alasan kulit wajah tiba-tiba memburuk, penasaran?

1. Produk yang digunakan terlalu keras

Kondisi kulit wajah meradang biasanya karena penggunaan produk yang terlalu keras dan menghilangkan terlalu banyak minyak alami dari kulit, meningkatkan kekeringan, kemerahan, dan pengelupasan. Untuk kulit wajah kering yang mengelupas, sebaiknya hindari pembersih berbusa atau gunakan produk dengan kandungan emolien.

2. Kamu sedang sangat stres

Seseorang yang sedang sangat stres biasanya mengalami masalah jerawat. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan dosis kecil steroid yang disuntikkan langsung ke jerawat.

3. Perubahan musim

Kulit wajah kering karena perubahan musim adalah masalah paling umum. Kulit wajah yang sangat kering terkadang menyebabkan peradangan, jerawat, dan eksim.

Solusinya adalah meningkatkan penggunaan pelembap dengan kandungan asam hialuronat. Asam hialuronat memiliki fungsi menarik kadar air ke dalam kulit wajah, memberi efek melembapkan.

Pola makan, jadwal tidur, produk baru, dan keringat

4. Pola makan dan jadwal tidur yang buruk

Pola makan dan jadwal tidur juga bisa menjadi penyebab stres. Hormon stres meningkatkan karena kamu mengalami masalah psikologis, seperti tidak bisa tidur nyenyak dan makan makanan yang buruk.

5. Menggunakan produk baru

Hal ini sering terjadi ketika kamu menggunakan suatu produk karena tren atau saran seseorang. Kulit memiliki susunan genetik, kadar minyak, dan ukuran pori yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Baca Juga:   10 Potret Levana Varraiza, Wanita Cantik Asal Papua yang Mirip Lucinta Luna

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya aplikasikan produk baru di area kecil pada kulit. Jika kamu mengalami masalah pori-pori tersumbat, lakukan pengelupasan kimia.

6. Keringat yang bercampur dengan produk

Jerawat pada kulit wajah, dada, dan punggung juga bisa disebabkan karena keringat yang bercampur dengan produk. Hal ini menyebabkan penumpukan di pori-pori, ruam, dan jerawat.