6 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Wajib Dicoba

RekanBola – Mewujudkan liburan yang berkesan tidak melulu harus pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Berlibur di sekitar daerah tempat tinggal sekalipun tetap akan berkesan bila destinasi yang dipilih tidak membosankan.

Jumlah pengeluaran pun dapat diminimalkan sedemikian rupa agar tidak terlalu habis. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini destinasi-destinasi liburan paling hemat yang harus Anda coba pada tahun ini.

1. Pergi ke Museum

Mengunjungi museum tampaknya seru untuk menghabiskan liburan pada akhir pekan. Apalagi beberapa tahun terakhir ini, banyak pameran dan pertunjukan yang bisa dinikmati di museum. Selain menambah wawasan dari benda-benda bersejarah, Anda dan keluarga juga bisa menghabiskan waktu untuk menonton pertunjukan yang berlangsung.

Biaya tiket masuk yang dibayarkan mungkin sedikit lebih mahal saat pameran berlangsung. Namun, apa salahnya untuk mencoba. Daripada menghabiskan akhir pekan dengan makan tidur, lebih baik pergi ke museum.

2. Bermain Air di Pantai

Pantai

Anak-anak biasanya sangat suka dengan arena wisata di pantai. Wajar saja, pantai merupakan tempat bermain yang paling seru. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai. Misalnya, berenang, bermain voli, membangun istana pasir putih, atau sekadar berelaksasi di bawah gazebo pantai nan indah.

Agar liburan di pantai semakin seru, jangan lupa untuk membawa bekal makanan yang banyak. Sebab perut akan sangat mudah lapar saat sudah bermain-main di air.

3. Berkunjung ke Kebun Binatang

Kebun binatang menjadi destinasi liburan paling menyenangkan bagi anak-anak. Selain menikmati udara yang sejuk, Anda juga dapat memperkenalkan beberapa jenis binatang yang ada kepada anak. Dengan begitu, wawasan anak mengenai jenis-jenis binatang pun bertambah luas.

Akan tetapi, Anda perlu pengawasan yang lebih ketat saat membawa anak-anak ke kebun binatang. Kalau sampai lengah, sesuatu yang tidak diduga-duga bisa saja terjadi kepada anak.

Baca Juga:   Mau Gaji Tak Sekadar Numpang Lewat? Lakukan 5 Hal Ini

4. Berkebun di Perkebunan Lokal

Bunda, Ini Manfaat Mengajak Anak Berkebun (Odua Images/Shutterstock)

Memperkenalkan anak kepada alam sangat bagus, terutama pada era milenial seperti sekarang. Ajak anak untuk berkebun di perkebunan lokal saat liburan akhir pekan tiba. Dengan berkebun, wawasan anak pun akan bertambah mengenai tanaman dan cara berkebun yang baik dan benar.

Selain itu, anak juga akan lebih mampu untuk menghargai lingkungan di sekitarnya. Dengan begitu, saat anak tumbuh besar nanti, ia pun jadi enggan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak alam. Sebab anak sudah tahu betapa pentingnya alam ini untuk keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.

5. Outbound di Lapangan

Memperkenalkan anak kepada dunia luar juga bisa dilakukan dengan outbound. Kegiatan ini sangat seru, menantang, dan pastinya tidak membosankan bagi anak-anak. Ada beberapa jenis permainan yang akan diberikan untuk memacu adrenalin dan ketangkasan anak.

Tidak hanya itu, anak pun akan dilatih untuk bekerja sama dengan tim saat bermain. Dengan demikian, sifat egois anak pun dapat berkurang dengan sendirinya lewat aktivitas outbound di lapangan ini.

Kegiatan outbound biasanya diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu saat libur akhir pekan tiba. Pastikan Anda mengetahui informasi detail mengenai outbound agar bisa segera mendaftarkan anak untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.

6. Mencicipi Kuliner Enak di Pinggir Jalan

20150814--6-Jajanan-Masa-Kecil

Apabila anak tidak suka dengan aktivitas di lapangan, Anda bisa mengajak anak untuk menghabiskan liburan akhir pekan dengan mencicipi wisata kuliner enak yang ada di pinggir jalan. Ide yang satu ini merupakan cara menghabiskan liburan akhir pekan yang paling hemat, menyenangkan, dan juga dapat menambah wawasan karena anak dapat lebih mengenal jenis kuliner khas daerahnya sendiri.

Baca Juga:   BI Ubah Proyeksi Rupiah Tahun Depan jadi 15.200 per Dolar AS

Pilih lokasi wisata kuliner paling populer di daerah tempat tinggal. Datanglah ke lokasi wisata kuliner lebih awal dari biasanya. Sebab tempat kuliner biasanya sangat ramai didatangi pengunjung saat liburan akhir pekan sudah tiba.

Hemat, Tapi Tidak Murahan

Liburan tidak selalu harus mahal dan menghabiskan banyak uang. Dengan mengunjungi salah satu dari enam destinasi liburan di atas, Anda dapat lebih menghemat pengeluaran.

“Hemat, tapi tidak murahan”, itulah slogan yang paling pas untuk menggambarkan liburan akhir pekan yang berfaedah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

(Sumber :Liputan6.com )

BACA JUGA :