6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

 

Rekanbola.com – Bahasa Inggris adalah bahasa yang dirasa sangat penting di zaman millenial seperti sekarang. Bukan lagi karena alasan bisnis atau alasan formal lainnya, sudah seperti tuntutan zaman di mana tingkat kekerenanmu terletak pada bisa atau tidaknya kamu bicara dalam Bahasa Inggris.

Saat bicara dalam Bahasa Inggris, orang Indonesia sering melakukan beberapa kesalahan. Meskipun memang kesalahan seperti ini wajar terjadi karena Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita, namun jika memang ingin terdengar seperti native speaker, kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan berikut gengs. Nah, biar bahasa Inggrismu lancar kaya bule, yuk kita pelajari beberapa kesalahan berikut.

1. Salah dalam pemilihan kata

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Seperti halnya Bahasa Indonesia yang memiliki beragam kosa kata, Bahasa Inggris juga memiliki kosa kata yang sangat banyak. Biasanya ada sebuah kata yang memiliki sinonim yang cukup banyak tapi fungsinya berbeda-beda disesuaikan dengan konteks tertentu. Sebuah kosa kata bisa saja nggak cocok untuk dipakai dalam suatu situasi lho. Contohnya, kata die yang berarti mati/meninggal memang benar secara harfiah, tetapi akan lebih sopan jika menggunakan kata pass away jika menjelaskan tentang orang.

Jadi, lebih hati-hati dalam pemilihan kata ya guys.

2. Penempatan kata yang terbalik

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Kesalahan seperti ini sangat umum terjadi di kalangan orang Indonesia. Hal ini dikarenakan susunan kalimat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memang berbeda. Sebagai contoh jika ingin mengucapkan “Mobil Baru” dalam Bahasa Inggris diucapkan dengan mendahulukan kata sifat baru kemudian diikuti dengan kata benda yaitu New Car.

Perhatikan terus penempatan kata yang tepat ya.

Baca Juga:   Prediksi Skor Colombia – England 04 JULI 2018

3. Salah dalam pelafalan

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Pengucapan kata / pronunciation dalam Bahasa Inggris memang lebih rumit bagi orang Indonesia. Orang Indonesia biasanya mengalami kesulitan dalam melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Terlebih untuk kosa kata yang memiliki tiga kosa kata atau lebih seperti ENGINEER. Orang Indonesia biasanya melafalkan kata ini menjadi “in-jee-near” padahal yang benar adalah “en-juh-near”.

Tapi bukan berarti hal ini tidak bisa dipelajari lho. Kita bisa terus meningkatkan pelafalan kita dengan terus belajar baik melalui lagu, film, atau bahkan membuka aplikasi di handphone. Biar Bahasa Inggrisnya jadi keren, tetap belajar terus ya.

4. Salah dalam struktur kalimat/grammar

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan adalah kesalahan grammar. Kesalahan yang satu ini memang memerlukan usaha ekstra dan perlu kesungguhan. Orang yang sudah belajar Bahasa Inggris selama bertahun-tahun pun sangat mungkin melakukan kesalahan dalam struktur kalimat. Walaupun sebenarnya native speaker juga sering melakukan kesalahan dalam grammar, tapi apa salahnya untuk memperbaiki struktur kalimat kita biar jadi lebih mudah dipahami kan? Terutama, pengetahuan soal grammar yang paling penting yaitu penggunaan past, present, dan future.

Semangat untuk terus belajar ya!

5. Salah dalam penekanan suku kata

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Kesalahan yang satu ini sebenarnya tidak begitu penting. Tapi, ternyata justru disinilah perbedaan antara yang native speaker dan yang bukan. Orang yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama akan sangat sering melakukan kesalahan dalam menekankan suku kata. Penekanan di sini maksudnya suku kata yang diberikan tekanan lebih dibanding suku kata yang lain.

Di dalam kamus, biasanya ini di tandai dengan tanda petik atas. Sebagai contoh dalam kata EDUCATE yang diberikan tekanan adalah suku kata E di depan, sementara yang lain diucapkan datar. Berbeda dengan kata EDUCATION, yang diberikan tekanan adalah pada suku kata ketiga menjadi e-dju-KEI-sien.

Untuk lebih jelas soal ini kamusnya bisa dibuka lagi ya gengs.

Baca Juga:   Fan Bingbing Habiskan Uang Sampai Ratusan Miliar Untuk Bermain Judi

6. Ragu dan takut melakukan kesalahan

6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Jika bahasa Inggris mu sudah lancar dan pengetahuan vocabulary dan grammar mu sudah mumpuni. Biasanya kesalahan orang Indonesia dalam bicara Bahasa Inggris adalah ragu-ragu dan takut. Sebenarnya, tidak masalah melakukan kesalahan-kesalahan kecil selama kamu yakin lawan bicara mu sudah memahami maksud perkataanmu.

Dan lagi, bahkan jika kamu kalimatmu sulit dimengerti, mereka hanya akan meminta mu mengulangi penjelasanmu, dan kamu bisa mulai menjelaskan lagi dengan penjelasan yang lebih mudah.

So, pede aja ya guys. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :