6 Ritual Aneh yang Mendunia, 3 di Antaranya dari Indonesia

Rekanbola.com-Setiap keyakinan dan budaya memiliki tradisi aneh atau ritual. Namun tampaknya keyakinan tersebut hanya bisa diterima oleh mereka yang benar-benar percaya terhadap mitos di balik tradisi nenek moyang.

Beberapa negara di dunia masih banyak yang menjalankan upacara tradisional untuk menandai tonggak kehidupan: kelahiran, pernikahan, transisi menuju masa dewasa, dan kematian.

BACA JUGA :

Tak jarang pelaksanaan ritual dilakukan dengan cara aneh, yang mungkin justru tak masuk akal. Ada kelompok masyarakat yang menjalankan ritual dari keyakinan yang dianut, ada juga yang menjalankan tradisi turun temurun leluhur.

Seperti misal Festival Hindu Thaipusam. Selama perayaan hari raya Thaipusam, umat Hindu mengumumkan pengabdian mereka kepada Lord Murugan dengan menusuk berbagai bagian tubuh mereka.

Biasanya, ritual ini dilaksanakan oleh masyarakat Tamil yang ada di India, Sri Lanka, Malaysia, Mauritius, Singapura, Thailand dan Myanmar.

Di kalangaan Tamil Nadu, mereka merayakan kelahiran Lord Murugan dan terbunuhnya Soorapadman — kekuatan jahat — dengan menindik tubuh mereka, termasuk lidah.

Seiring waktu berjalan, ritual perayaan ini menjadi lebih dramatis, penuh warna, dan berdarah-darah. Tombak kecil dan kait besar disematkan di dada dan wajah mereka.

Contoh tradisi aneh selanjutnya yaitu La Tomatina. Ini adalah “perang” tomat terbesar di dunia yang diadakan di kota Valencia, Buñol, Spanyol. Acara ini diadakan pada hari Rabu terakhir bulan Agustus. Para peserta saling melempar tomat dan terlibat dalam pertarungan yang tak menyakitkan.

Ada banyak teori tentang La Tomatina. Tapi yang paling populer yaitu kisah tahun 1945, saat parade “gigantes y cabezudos” diadakan.

Baca Juga:   Profesor di Pakistan Tewas Ditikam Mahasiswanya Gegara Buat Pesta Campur Gender

Kala itu, sejumlah pemuda yang ingin bergabung ke acara tersebut melakukan tawuran di alun-alun utama kota, Plaza del Pueblo.

Di dekatnya, ada kios sayuran. Karena tak membawa senjata untuk menyerang, mereka memanfaatkan tomat-tomat di semua kios untuk digunakan sebagai pengganti senjata.

Polisi pun turun tangan untuk melerai pertikaian dan menyuruh mereka bertanggung jawab dengan membayar seluruh kerusakan.

Lalu, ritual unik apa saja yang disuguhkan dari negara-negara di dunia? Seperti apa jalannya ritual tersebut? Mengapa banyak yang menganggapnya aneh?

Berikut 5 ritual unik yang hingga saat ini masih dipertahankan keberadaannya dan mendunia, tiga di antaranya berasal dari Indonesia. Rekanbola.com mengutip dari Wonderlist, Rabu (10/1/2018).

1. Sarung Tangan Semut Peluru

BERITA MENARIK LAINNYA :