7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

 

Rekanbola.com – Selama ini, kita sibuk  menjalin persahabatan dengan orang lain di sekitar kita. Kita sibuk memikirkan permasalahan sahabat kita dan bagaimana solusi yang tepat untuknya. Kita juga seringkali meluangkan waktu untuk membahagiakan sahabat kita.

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

Terutama saat sahabat kita sedang bersedih, kita selalu ada untuknya. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Namun, tahu kah kamu bahwa menjalin persahabat itu tidak hanya bisa dilakukan dengan orang lain tapi juga harus dijalin dengan diri sendiri.

Ini dia 7 alasan yang akan membuatmu menyadari pentingnya bersahabat dengan diri sendiri.

1. Bersahabat dengan diri sendiri membuat kamu lebih mengenal dirimu

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Seperti halnya ketika kamu bersahabat dengan orang lain. Kamu pasti juga mengenal mereka dengan baik kan? Dari kebiasaannya, cara makannya, cara bicaranya, cara berjalannya dan masih banyak lagi. Kamu bisa dengan mudah mengomentari cara tertawanya yang terlalu berlebihan atau memujinya saat dia terlihat cantik saat mengenakan baju tertentu.

Begitu juga jika kamu sudah bersahabat dengan dirimu sendiri. Kamu jadi lebih mengenal dirimu, kamu lebih mengenal motif baju seperti apa yang cocok untuk tubuhmu, warna lipstik apa yang cocok untuk kulitmu, makanan jenis apa yang bagus untuk pencernaanmu dan lain sebagainya.

Mengenal diri sendiri dengan lebih baik akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri dan aura positif akan selalu mengelilingimu.

2. Kamu tidak mudah menyalahkan dirimu sendiri

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Bayangkan jika sahabatmu melakukan suatu kesalahan baik kecil maupun besar. Misalnya seperti mengacaukan tugas kuliahnya karena semalam begadang menonton drama Korea. Apakah kamu akan terang-terangan menyalahkannya? Tidak kan?

Baca Juga:   Candreva Segera Perpanjang Kontrak di Inter

Kamu pasti akan berusaha menghiburnya terlebih dahulu, baru kemudian memberi nasehat kepadanya secara pelan-pelan. Hal ini juga akan berlaku jika kamu sudah mampu bersahabat dengan dirimu sendiri. Kamu tidak akan dengan gampangnya menyalahkan dirimu dan kemudian bermuram durja jika kamu berbuat salah.

Kamu akan bisa menabahkan hatimu, menghibur dirimu, baru kemudian menasehati dirimu sendiri agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

3. Mengetahui potensi terbesarmu

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Kamu pasti bisa melihat potensi yang dimiliki sahabatmu. Apa passion dia yang sesungguhnya, hal apa yang membuat dia menggebu-gebu dan berambisi, atau di bidang apa dia bisa sukses di masa depan. Jika kamu sudah bersahabat dengan dirimu sendiri, kamu juga mampu melihat hal ini di dalam dirimu.

Kemampuan mendeteksi potensi dirimu sejak awal, akan mengantarkanmu kepada kesuksesan. Tidak banyak orang yang bisa sukses. Ini dikarenakan mereka terlambat mengetahui potensi sesungguhnya dari diri mereka. Karena seperti yang kita tahu, seseorang dianggap sukses ketika dia menggeluti pekerjaan yang benar-benar dia senangi, setuju?

4. Mampu menerima kekuranganmu dan memperbaikinya

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Ketika bersahabat dengan orang lain, kamu pasti jadi lebih mudah melihat kekurangan orang tersebut. Begitu juga jika kamu bersahabat dengan diri sendiri. Bedanya adalah, jika saat bersahabat dengan orang lain kamu hanya mampu melihat kekurangan orang tersebut, tapi tidak dapat berbuat apa-apa terhadap hal itu.

Lain halnya dengan saat kamu bersahabat dengan dirimu sendiri. Kamu bisa melakukan sesuatu terhadap kekuranganmu. Misalnya, jika kamu tidak pandai dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu jadi bisa mencari tahu solusi dari masalah itu dan memecahkannya, kemudian mengasahnya menjadi suatu kelebihan bagi dirimu. Sangat berguna sekali kan?

Baca Juga:   soda Wajib Tau! Inilah Sederet Aplikasi dan Game Terbaik Versi Google Play Store 2018

5. Lebih mudah menerima kritik dan saran dari orang lain

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Seringkali, ketika mendapat kritik atau komentar pedas dari orang lain, kamu menjadi sensitif dan kemudian bisa jadi membenci orang tersebut. Tapi, ini tidak akan terjadi kalau kamu sudah bersahabat dengan dirimu sendiri. Menerima kritik akan menjadi hal yang memotivasi dirimu menjadi lebih baik.

Ini karena kamu sendiri sudah sering mengkritik dirimu dan kemudian menerimanya sebagai sebuah masukan membangun demi menjadi pribadi yang lebih baik di masa mendatang. Kritik dari orang lain juga justru menjadi hal baru yang bisa menambah pengetahuanmu terhadap dirimu sendiri.

6. Tidak bergantung dengan orang lain

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Inilah untungnya bersahabat dengan diri sendiri. Kamu jadi memahami konsep mandiri yang sebenarnya. Ketika masalah menimpamu, kamu tidak repot mencari orang lain sebagai tempat berbagi. Meskipun kadang tetap membutuhkan orang lain, namun kamu sudah mampu mengatasi beberapa masalah sendirian.

Karena, terkadang, kamu tidak selalu punya orang yang benar-benar bisa menjaga rahasiamu, maka penting untuk mulai belajar membagikan masalahmu dengan sahabat yang sangat bisa dipercaya, yaitu dirimu sendiri.

7. Gampang menjalin persahabatan dengan orang lain

7 Hal Istimewa Ini Akan Dirasakan Ketika Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Ketika sudah bisa mengenal dirimu sendiri, kamu pasti akan menjadi lebih jujur terhadap dirimu. Kejujuran dan penerimaan terhadap diri sendiri ini akan menjadikanmu orang yang periang dan terbuka. Kamu juga akan menjadi lebih positif dalam memandang segala hal dan tidak mudah menghakimi orang lain.

Sifat inilah yang akan membuat orang lain di sekitarmu menjadi merasa nyaman berada di dekatmu. Sehingga akan ada banyak orang yang ingin bersahabat dengan mu. Kalau sudah begini, jaringan pertemanan mu akan semakin luas dan kamu bisa memberikan manfaat kepada orang banyak.

Baca Juga:   Lagi viral, ini 10 potret penjual popcorn cantik yang bikin rela antre

Jadi, apakah kamu sudah siap mencintai dan bersahabat dengan diri sendiri?

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :