7 Perubahan Drastis Fitur Instagram dari Masa ke Masa

Dari cuma upload foto hingga live streaming

 

Rekanbola.com – Instagram masih jadi pilihan banyak generasi masa kini untuk berbagi tiap momen dalam hidupnya. Baik itu dalam bentuk foto, video maupun video pendek yang dapat hilang dalam jangka waktu tertentu alias Stories.

Saking digemarinya gak heran, sekarang Instagram makin rajin menghadirkan fitur baru. Dari dulunya yang cuma bisa untuk meng-upload foto hingga kini bisa juga digunakan untuk live streaming. Sambil mengingat-ingat, berikut Rekanbola sajikan transformasi fitur di Instagram yang paling menarik pehatian. Apa saja? Mari disimak.

1. Upload foto dengan beragam filter cantik.

fitur-hadir-di-instagram-1-18c8d8311c7380137268d3947084cef3.jpg

Pas awal muncul Instagram memang cuma bisa dipakai untuk meng-upload foto saja. Waktu itu, tools untuk mengeditnya pun gak terlalu banyak pilihan. Hanya ada beberapa filter dasar yang bisa bikin tampilan jadi vintage atau bahkan estetik.

Namun seiring berkembangnya Instagram, tools edit pun makin beragam. Mulai bisa menyesuaikan tampilan dari foto yang akan di-upload sampai mengatur secara manual foto akan diedit seperti apa.

 

2. Kian diminati, Instagram pun bisa upload video.

fitur-hadir-di-instagram-2-27f65afa017c79d1dc247a8ae14d4e65.jpg

Makin lama makin banyak penggunanya, Instagram pun berbenah. Sejak beberapa tahun lalu, Instagram gak cuma bisa dipakai untuk upload foto saja tapi juga upload video. Berdurasi pendek, kamu pun bisa meng-upload video di feed Instagrammu. Video yang di-upload bisa langsung kamu rekam atau upload dari galeri smartphonemu. Menarik deh!

 

3. Instagram kian berkembang, akhirnya hadir aplikasi terintegrasi bernama Boomerang dan Layout.

fitur-hadir-di-instagram-3-f4e49d9933cfb45ab8bb1ebc8cbd6123.jpg

Dua aplikasi yang terintegrasi dengan Instagram ini adalah pengembangan dari fitur editing yang hadir terlebih dahulu di Instagram. Aplikasi Boomerang memungkinkanmu meng-upload foto bergerak yang unik banget, sedangkan aplikasi Layout memungkinkanmu meng-upload beberapa foto sekaligus dalam satu frame.

Jika dibandingkan, bisa dibilang aplikasi Boomerang adalah yang paling laris saat ini. Saking unik dan larisnya, Boomerang pun dihadirkan oleh Instagram ke fitur Stories tahun lalu.

 

4. Gak mau kalah dari Snapchat, Instagram pun menghadirkan fitur Stories.

fitur-hadir-di-instagram-4-828013f518f95db8bd0d55e892338c74.jpg

Stories ini mirip banget tampilan antarmukanya dengan Snapchat, kamu bisa merekam dan meng-upload momen dalam bentuk foto atau video yang kemudian bisa hilang otomatis dalam jangka waktu tertentu. Ada pilihan tools dan stiker yang bisa digunakan dalam fitur Stories ini, miriplah dengan yang ada di Snapchat.

Kian kemari, fitur Stories makin banyak pilihan seperti boomerang lalu ada stiker lucu-lucu. Ada juga, fitur geo-location sticker, mentions dan backlink serta fitur yang memungkinkanmu bisa melihat siapa saja yang sudah mengintip Instagram Storiesmu.

 

5. Kirim pesan personal juga bisa lewat Instagram.

fitur-hadir-di-instagram-5-8b25cb326055d9eac5d2785ed9152443.jpg

Gak cuma berniat jadi aplikasi berbagi foto dan video, Instagram kian melebarkan sayap untuk jadi aplikasi chatting yang personal bagi penggunanya. Untuk itulah, mulai beberapa tahun lalu Instagram pun menghadirkan fitur bernama Direct Message yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tertentu ke teman atau orang yang baru dikenal lewat Instagram sekalipun secara personal.

 

6. Hadirnya fitur Turn On Notification hingga tampilan foto berdasarkan minat kamu di Instagram.

fitur-hadir-di-instagram-6-71fb5e1a069d4979b42a4e7ee9938702.jpg

Kini Instagram kian banyak penggunanya, untuk itulah aplikasi yang ada di bawah naungan Facebook itu hanya akan menampilkan foto atau video dari akun yang kamu follow. Dengan catatan, akun itu isi feed Instagramnya sesuai dengan minat kamu.

Untuk itulah, mulai kini gak semua akun yang kamu follow akan muncul di feed Instagrammu. Namun, kalau kamu gak mau ketinggalan postingan akun favoritmu maka segera aktifkan menu Turn On Notification. Pasalnya, jika menu itu aktif maka secara otomatis tiap ada postingan baru dari akun favorit kamu akan diberitahu.

Selain itu, Instagram juga akan menampilkan banyak foto dan video sesuai dengan pilihan minatmu lewat fitur Explore. Fitur ini secara acak akan menampilkan foto atau video yang sesuai dengan minat dan kebiasanmu di Instagram baik dari akun yang kamu follow maupun tidak. Menarik bukan?

 

7. Gak ketinggalan, Instagram pun juga menghadirkan fitur live streaming.

fitur-hadir-di-instagram-7-0b70877daee0553c41d5ccb87d730847.jpg

Fitur yang hadir baru-baru ini memang sengaja dihadirkan oleh Instagram untuk lebih memanjakan penggunanya. Kamu bisa melakukan live show dalam jangka waktu kurang lebih 1 jam dan sama seperti saat kamu melakukan Bigo Live, baik followers atau orang asing pun bisa menikmati konten live streaming-mu.

Fitur ini, begitu digemari pengguna masa kini yang doyan banget memerankan momen apapun dalam hidupnya ke dunia maya. Maka itulah, beberapa waktu lalu Instagram pun membenahi fitur Live di mana pengguna bisa menyimpan video Live mereka.

Itulah fitur Instagram dari masa ke masa yang bikin aplikasi satu ini bertransformasi jadi media sosial yang menarik dan kian digemari. Favoritmu fitur yang mana nih guys?

 

Recommended

Facebook Comments