8 Tokoh Ini Pernah Gagal Sebelum Jadi Miliarder

REKANBOLA – Melihat deretan nama miliarder terkaya dunia dengan hartanya yang berlimpah, rasanya tak terbayangkan jika sebagian darinya pernah mengalami kegagalan besar dalam berbisnis. Ada yang berjuang keluar dari lilitan utang, gulung tikar hingga depresi.

Namun semua kegagalan itu, bisa jadi merupakan bagian dari perjalanan menuju sukses. Saat Anda merasa jatuh, terpuruk dan tertekan dalam perjalanan bisnis Anda, ingatlah para miliarder juga pernah mengalami kegagalan yang sama bahkan mungkin lebih buruk.

Berikut 8 miliarder yang pernah alami kegagalan dalam hidupnya seperti dilansir dari entrepreneur.com:

1. Bill Gates

Bill Gates pernah mendirikan sebuah bisnis yang disebut Traf-O-data untuk menyediakan data statistik pergerakan internet. Proyek tersebut ternyata kemudian gagal total. Namun Gates berhasil bangkit melalui Microsoft dan menjadi salah satu pria terkaya di dunia dengan total kekayaan sekitar USD 91,8 miliar.

2. Evan Williams

Williams kini dikenal sebagai salah satu pendiri perusahaan media sosial raksasa, Twitter. Namun siapa sangka, sebelum itu dia pernah memulai sebuah platform bernama Odeo. Tak bertahan lama, Odeo bahkan rubuh sebelum dimulai saat rilis produknya bersamaan dengan seksi podcast Apple, iTunes.

3. Jeff Bezos

Dikenal sebagai orang terkaya di dunia, saat memulai Amazon, Bezos melontarkan banyak gagasan berbeda. Sebelum itu, Bezos mendirikan situs belanja bernama zShops yang kemudian gagal total. Meski begitu, prinsip-prinsip kerja zShops sebenarnya diterapkan di Amazon saat ini.

4. Fred Smith

Saat ini, FedEx merupakan nama besar dengan klien yang besar. Tapi siapa sangka membangun tiang bisnis FedEx ternyata sangat sulit. Smith pernah menuangkan gagasan tentang perusahaannya dalam sebuah tugas kuliah. Tapi sayang, saat itu sang profesor menolaknya dan dia tidak lulus mata kuliah tersebut. Tak membuatnya mundur, Smith akhirnya membuat FedEx menjadi sukses seperti sekarang.

Baca Juga:   Mengintip Bunker Mewah ‘Anti-Kiamat’ Milik Para Miliarder

5. Arianna Huffington

Arianna Huffington kini tercatat sangat sukses melalui Huffington Post. Namun sebelum seperti sekarang, karya Huffington pernah ditolak oleh lebih dari 36 penerbit.

6. Walt Disney

Disney merupakan salah satu perusahaan paling sukses di dunia saat ini. Meski begitu, Walt Disney pernah hidup menderita dan tak punya apa-apa lantaran karakter ciptaannya dicuri. Namun kini Disney merupakan nama salah satu perusahaan media terbesar di dunia.

7. Warren Buffett

Awal dari seluruh kesuksesan Warren Buffett adalah penolakan dirinya dari Harvard. Bahkan, Berkshire Hathaway, bisnis yang kini bernilai lebih dari USD 65 miliar, dulu tampak ringkih dan diprediksi akan gagal. Meskipun begitu, Buffett berhasil melalui semuanya dan membayar seluruh kegagalannya dalam jangka panjang.

8. Lawrence Ellison

Ellison kini dikenal sebagai pendiri perusahaan ternama, Oracle. Saat Oracle baru berdiri, Ellison bahkan harus menggadaikan rumahnya demi mempertahankan bisisnya tersebut. Sekarang, nama Ellison bahkan tercatat sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia.