Agar Selamat dari Serangan Penyakit dalam Pesawat

Rekanbola –  Berada dalam transportasi umum memungkinkan orang terinfeksi bakteri atau tertular penyakit. Ini juga berlaku untuk transportasi umum sekelas pesawat. Padahal tak jarang orang memilih pesawat demi kecepatan dan kenyamanan karena dianggap lebih higienis.

Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Sally Bloomfield, profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine berkata bahwa berada di tempat tertutup, termasuk pesawat, memungkinkan orang untuk rentan terkena penyakit.

“Pesawat seperti layaknya lingkungan hidup lain. Semakin padat, semakin memungkinkan tersebarnya bakteri,”.

Menurutnya, tak peduli berapa kali kabin pesawat dibersihkan, sekali penumpang masuk, maka kesempatan mikroba untuk menyebar sangat besar. Sally menjelaskan, ini bukan soal pesawat yang kotor, tetapi orang yang membawa mikroba setiap waktu.

Rupanya, ini bukan omong kosong atau sekadar cerita untuk menakut-nakuti. Sebuah studi yang dirilis tahun ini menemukan bahwa penumpang pesawat bisa terserang penyakit jika duduk pada tempat yang salah. Penumpang rentan sakit jika duduk di dekat lorong, duduk di depan atau belakang orang yang terkena sakit.

Penyakit dapat ditransmisikan via mata, hidung, atau mulut. Namun, tak seperti transportasi umum lain, sekali orang sudah masuk pesawat, tak mudah untuk berpindah tempat.

Tapi tenang saja, Sally memberikan tips untuk Anda yang tak memiliki pilihan transportasi lain selain pesawat.

Bakteri atau penyakit dapat tertular melalui dua jalan, udara dan sentuhan. Misalnya saja bakteri pada tangan yang dapat masuk ke tubuh karena tangan menyentuh mata, mulut, dan hidung.

Oleh karena itu, kebersihan tangan jelas jadi hal penting di sini. Memang, tak memungkinkan untuk kerap bulak-balik ke toilet untuk mencuci tangan. Sally menyarankan agar Anda membawa hand-sanitizer atau cairan pembersih tangan, terutama sebelum makan.

Baca Juga:   6 Zodiak yang Paling Sering 'Badmood', Apakah Kamu Termasuk

“Jika tak ada sesuatu terjadi, (bakteri) bakal disebarkan oleh tangan anda,” katanya.

(Kredit : www.cnnindonesia.com)