Akui MacBook Pro dan iPhone X Bermasalah, Apple Tawarkan Perbaikan

REKANBOLA – Apple mengakui bahwa ada masalah pada sebagian produk iPhone X dan MacBook Pro 13 inci yang mereka produksi. Masalah tersebut terjadi pada iPhone X dan MacBook Pro yang diproduksi tahun 2017 lalu.

Masalah yang terjadi pada iPhone X yakni ada pada komponen layar. Apple mengatakan bahwa ciri-cirinya adalah layar ponsel sama sekali tidak merespon perintah pengguna, atau bahkan terkadang layar tersebut bereaksi sendiri tanpa adanya sentuhan.

Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya kegagalan pada komponennya. Menurut Apple, kesalahan ini hanya terjadi pada iPhone X dan tidak ditemukan pada iPhone XS dan XR.

Sedangkan masalah pada Macbook Pro 13 inci ditemukan pada komponen penyimpanan SSD. Perusahaan mengatakan permasalahan ini dapat berdampak pada hilangnya data milik pengguna yang disimpan pada SSD tersebut.

Kendati demikian masalah komponen SSD ini hanya ditemukan pada MacBook Pro 13 inci yang tidak memiliki Touch Bar. Macbook Pro tersebut dijual pada periode Juni 2017 hingga Juni 2018.

“Hanya ada sejumlah MacBook dengan penyimpanan SSD sebesar 128 GB dan 256 GB, yang dijual pada periode Juni 2017 hingga Juni 2018,” tulis Apple di halaman resminya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (12/11/2018), untuk pemilik perangkat MacBook Pro dan iPhone X yang terkena masalah ini, Apple menawarkan perbaikan secara cuma-cuma.

Pengguna cukup mendatangi gerai resmi Apple dan komponen yang rusak akan langsung diganti tanpa dikenakan biaya sepeser pun.

Jika pengguna sudah terlanjur mengganti dan membayarnya untuk perbaikan komponen terkait, maka Apple bersedia untuk mengembalikan uangnya.

Kesalahan komponen ini bukan yang pertama kali terjadi pada model MacBook Pro. Pada Juni lalu, Apple menawarkan servis gratis untuk keyboard pada sejumlah model MacBook dan MacBook Pro.

Baca Juga:   Harga Mencengangkan Ponsel Layar Lipat Samsung