Alasan Banyak Idol Korea Tak Hanya Fokus di Musik

Rekanbola – Selain menyanyi dan tampil di beberapa music show, beberapa idol korea juga terlihat mondar-mandir di layar televisi seperti berakting, menjadi host di acara talk show, membintangi iklan. membintangi variety show hingga mengembangkan bisnis. Sebut saja Suzy, Kim Hee Chul dan Seolhyun adalah beberapa nama idol yang memulai karirnya sebagai anggota dari sebuah boyband dan girlband yang juga cukup bersinar di ranahnya masih-masing selain musik.

Apa sih yang membuat mereka akhirnya tidak hanya fokus dunia musik dan merambah ke ranah hiburan lain? Ini dia ulasannya.

Idol dituntut multitalented

bts-d3f8dc248f8db5d432efcfaba29f05b2.jpg

Selain menyanyi dan menari, agensi entertainment besar biasanya juga memberikan latihan awal kepada trainee-nya untuk berakting dan berbicara di depan publik untuk menyiapkan promosi debut mereka. Balik lagi, semua hal dilakukan demi mempromosikan grup atau menjaga nama baik grup tetap dikenal di masyarakat luas.

Beberapa member yang memiliki potensi biasanya langsung didapuk untuk membintangi sebuah drama atau variety show untuk mengembangkan kemampuan individualnya karena bagaimanapun tidak semua idol yang tergabung dalam suatu grup memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi.

Sebagai contoh, Seungri di awal masa kejayaan Big Bang mengaku kalau ia merasa rendah diri dengan kemampuan member lain di dunia musik sehingga ia memilih untuk mempelajari banyak bahasa seperti mandarin dan jepang untuk bisa berkomunikasi lebih banyak dengan fansnya. Dari sana, Seungri akhirnya mendapatkan banyak job membintangi acara di China ataupun Jepang hingga mendirikan bisnis baru di negara tetangga Korea Selatan tersebut.

Persiapan bersolo karier

kpop-cover-main-1024x640-1024x640-a1cf04929c9009a0f1f2f90b4437f5b6.png

Memang tidak semua idol berharap grupnya akan bubar setelah kontraknya habis atau keluar dari grup di saat sedang tenar-tenarnya, namun memilih untuk mengambil job selain di bidang musik adalah cara untuk tetap eksis di ranah hiburan sebagai antisipasi kalau-kalau sang idol keluar dari grup yang membesarkan namanya.

Baca Juga:   Kenapa Kita Dianjurkan Minum Susu Saat kepedasan?

Setelah keluar dari grup f(x) misalnya, Sulli lebih banyak berakting dan membintangi iklan mengingat sebelumnya ia pun sudah memiliki banyak proyek drama dan iklan yang dibintanginya semasa bergabung dengan grup tersebut.

Langkahnya bersolo karier bisa terbilang berani namun karena pengalamannya juga memadai, industri hiburan juga tidak segan untuk mendapuknya sebagai bintang film dan iklan seperti yang dilakukannya saat ini.

Memanfaatkan popularitas

kpop-idol-group-fandom-fan-cafe-ranking-2017-exo-d3a2086cd00b032c186a26404fcb32d0.png

Sama seperti halnya dengan di Indonesia, sosok yang paling hot saat ini di dunia hiburan biasanya sering kali menjadi perbincangan di media dan diundang untuk menjadi bintang tamu di berbagai acara seperti talk show atau variety show. 

Memanfaatkan popularitas tersebut, biasanya beberapa program akan mengalami kenaikan rating karena membahas tokoh yang sedang naik daun.

Kang Daniel dari grup Wanna One adalah contoh idol yang paling banyak diincar di industri hiburan saat ini. Ketenaran grup Wanna One yang luar biasa saat ini ditambah dengan kemampuan menghibur di acaranya variety shownya membuat Kang Daniel acap kali mendongkrak rating sebuah program ketika menjadi bintang tamu di acara variety dan talk showkarena ia memang sedang banyak diidolakan banyak kalangan beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA :