Alasan Valverde Cadangkan Messi Lawan Athletic Bilbao

Rekanbola – Ernesto Valverde membuat keputusan yang tidak populer pada laga Barcelona lawan Athletic Bilbao. Valverde menaruh Lionel Messi di bangku cadangan dan baru diberi kesempatan bermain di babak kedua.

Messi sejauh ini masih jadi pemain paling sentral di skuat Barca. La Pulga telah mencetak lima gol di La Liga. Tapi, Messi harus mengawali laga di bangku cadangan saat Barca berjumpa Bilbao di Camp Nou, Minggu (30/9) dini hari WIB.

Valverde baru memasukkan Messi pada menit ke-55 menggantikan Arturo Vidal. Pemain berusia 30 tahun masuk saat Barca dalam kondisi tertinggal 1-0 dari gol Oscar De Marcos pada menit ke-41.

Messi akhirnya memberikan kontribusi nyata untuk Barca. Pada menit ke-84, Messi memberikan asasist untuk gol penyama kedudukan yang dicetak oleh Munir El Hadadi. Lantas, apa alasan Valverde mencadangkan Messi? Simak ulasan di bawah ini.

 

Keputusan Terbaik

Menurut Valverde, pilihan mencadangkan Messi sudah dia pikirkan jauh hari. Pelatih berusia 54 tahun meyakini apa yang dia putuskan adalah pilihan terbaik, meskipun dia juga sadar fans Barca sulit untuk menerimanya.

“Ketika saya membuat sebuah keputusan, maka saya memikirkan apa yang terbaik untuk tim dan klub. Saya selalu melakukan itu sebelum laga dan tidak bisa melakukan setelah laga atau mengulangnya,” ucap Valverde.

“Fans boleh saya berpendapat apa yang menurut mereka lebih baik, tapi saya harus memikirkan apa yang terbaik untuk ini. Apa yang terjadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya,” tandas eks pelatih Bilbao tersebut.

 

Rotasi Biasa

Valverde memastikan jika Messi memang sengaja diistirahatkan karena untuk kepentingan rotasi. Valverde tak ingin pemain kelahiran Rosario tersebut kehabisan tenaga pasca menjalani jadwal yang sangat padat bersama Barcelona.

Baca Juga:   Alisson Dianggap Pemain Terbaik Liverpool, Klopp: Ini Pertanda Buruk

“Kami memainkan empat laga selama sepuluh hari. Saya pikir Messi dan Sergio Busquets harus istirahat. Anda juga tahu kami punya laga yang sulit hari Rabu (lawan Tottenham). Ini memang beresiko. tapi jika itu sukses, tidak akan ada yang tanya,” tutup Valverde.