AM-RB 001, Hypercar Hibrid Setara F1 di Jalanan

RekanBola.com – Aston Martin resmi memperkenalkan salah satu produk hypercar pertamanya di dunia, AM-RB 001 atau Aston Martin-Redbull 001. Setelah sebelumnya menutup rapat-rapat dapur pacu mobil tersebut, kini Aston Martin berani membuka mesin yang dibenamkan, transmisi hingga spesifikasi AM-RB 001.

Dalam pemberitaannya, yang dikutip AFP bahwa mobil tersebut akan disokong oleh mesin 6,5 liter V-12 yang dirancang dan dibangun perusahaan teknik Coswoth. Mesin itu akan dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan, transmisi paddle-shift yang dikembangkan oleh Ricardo Engineering.

Aston mengatakan jika AM-RB 001 akan memiliki rasio antara tenaga dan berat 1:1, menjadikan tenaga kuda untuk setiap kilogram bobotnya. Mobil tersebut, diperkirakan memiliki berat 2.200 dan 2.400 pound sehingga dapat menghamburkan sedikitnya 1000 hp.

Mesin V-12 dirancang oleh Coswoth sebagai high-revving. Pembuat mobil tersebut sudah mengungkapkan, AM-RB 001 akan menggunakan sistem hibrida ringan yang disediakan oleh Rimac, perusahaan Kroasia di balik semua konsep supercar listrik.

Tidak ada rincian lain yang diberikan mengenai sistem hybrid mobil ini, tetapi yang jelas Hypercar Aston ini akan mengikuti Jejak hypercars lain dari Porsche 918 Spyder, McLaren P1 dan LaFerrari.

Mobil ini menggunakan MonoCell dari serat carbon yang dikembangkan Multimatic Engineering, yang juga sudah terlebih dulu bekerjasama pada One-77 dan Vulcan. Untuk sistem pengereman dipasok oleh Alcon, sementara ECU, sistem kontrol traksi dan stabilitas elektronik akan diperoleh dari Bosch. Bahkan, untuk lampu belakang LED diproduksi langsung oleh produsen U.K, Light Wipac.

Kepala Teknis Red Bull Racing yang juga masuk ke dalam proyek mobil tersebut, Adrian Newey mengatakan dirinya optimis akan mendapatkan pihak yang tepat, untuk menghasilkan mobil terbaiknya.

“Sama seperti Formula 1, merancang, rekayasa dan membangun mobil seperti AM-RB 001 merupakan upaya tim besar,” kata Newey melalui rilisnya.

“Untuk mencapai hal-hal besar, Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang terbaik. Pengalaman, kreativitas, energi, ketekunan dan perfeksionisme adalah mutlak, harus menjadi kualitas pada setiap proyek. Memiliki mitra teknis yang besar seperti mereka yang bekerja dengan kami adalah baik, meyakinkan dan memotivasi. Bersama-sama kami bertujuan menghasilkan sebuah karya seni inovatif,”

Lebih lanjut, Aston sedikit membocorkan jika mobilnya itu akan diproduksi terbatas, hanya 150 unit termasuk prototype. Selain jumlah itu 25 varian akan dibangun, dan pengiriman pertama akan dilakukan di 2019, mendatang.

 

Baca juga :

  1. Mascherano Ingin Geluti Dunia Kepelatihan
  2. Silsilah Dinasti Kim, Keluarga Pemimpin Korea Utara
  3. Foto Hot & Cantik Alodya Desi Terbaru
Facebook Comments