Amankan Tiga Event Besar, JK Apresiasi Kinerja Kepolisian

Rekanbola Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi kinerja Kepolisian RI dalam pengamanan tiga perhelatan besar di Indonesia dalam kurun tiga bulan terakhir, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 dan Annual Meeting IMF-World Bank.

Hal ini diungkapkan JK saat saat memberikan pembekalan dalam Seminar Sekolah Sespimti Polri Dikreg ke-27 Tahun Ajaran 2018 di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta, Senin (15/10).

“Saya ingin berterima kasih kepada kepolisian khususnya, tentunya juga kepada TNI, karena tiga peristiwa besar terakhir di negeri ini, Asian Games, Asian Para Games, pertemuan IMF di Bali, semuanya aman,” katanya.

JK mengatakan apabila tidak dengan pengamanan serius dari Polri dan TNI, maka ketiga perhelatan akbar bertaraf internasional tersebut dapat berdampak buruk bagi perekonomian Tanah Air.

Ia mengumpamakan jika terjadi ledakan mercon besar di Bali, selama penyelenggaraan AM IMF-World Bank, maka Indonesia akan mengalami kerugian besar sebagai dampaknya.

“Akhirnya orang akan mengatakan tak usah investasi ke Indonesia; padahal mungkin hanya mercon besar yang meledak, apalagi kalau bom betulan. Kalau ada dua menteri keuangan dari negara lain meninggal di sini, habis kita. (Maka) Saya berterima kasih untuk (pengamanan) itu,” jelas pria kelahiran 15 Mei 1942 itu.

Begitu pula dengan penyelenggaraan kompetisi olahraga Asian Games dan Asian Para Games yang berlangsung di Jakarta, Jawa Barat dan Palembang. Wapres mengatakan pengamanan yang baik tersebut memberikan citra baik pula bagi Indonesia selaku tuan rumah.

“Kemudian efeknya adalah bahwa Indonesia itu aman, karena aman mari kita investasi ke Indonesia, mari kita berbisnis dengan Indonesia. Itu semua ujungnya, ujungnya daripada ketertiban di situ (investasi),” ujarnya.

Baca Juga:   NasDem Tolak Kabinet Jokowi Diisi Partai Pendukung Prabowo