Anies: Tak cukup hanya kerja, kerja, kerja tapi juga harus ada gagasan

Rekanbola – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal arti penting sebuah gagasan saat memberikan sambutan di hadapan Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (28/8). Dia menyebut Indonesia dibangun oleh sebuah gagasan, sehingga tidak cukup dengan hanya bekerja saja.

“Saya percaya bapak ibu, ini sekalian, bahwa kita dalam bekerja tidak cukup hanya kerja, kerja, kerja saja, tidak cukup. Harus ada gagasan dulu, dari gagasan lalu ada kata-kata, harus ada narasi,” kata Anies pada Senin (27/8) malam.

Dia mengingatkan, para pendiri bangsa membangun Indonesia dengan sebuah gagasan. Seperti halnya Pancasila yang digunakan sebagai dasar negara.

“Di Gedung Joeang para pendiri berdiskusi membahas Piagam Jakarta cikal bakal Pancasila. Itu semua ada akumulasi konsep dan gagasan,” ucapnya

Menurutnya, gagasan yang baik membuat Indonesia dengan keanekaragamannya menjadi lebih baik dibandingkan negara di kawasan Timur Tengah. Anies mencontohkan gagasan bahasa persatuan yang lahir di Sumpah Pemuda 1928.

“Bayangkan kalau dipilih bahasa daerah luar Jawa, terus Jong Java pulang akan ditanya, kenapa kamu membiarkan bahasa orang seberang dipilih?,” tutur Anies.

Baca Juga:   Hanif Dhakiri Ajak Warga Surabaya Pilih Pemimpin yang Tidak Punya Lahan