Aplikasi “Sketchbook” Kini Gratis di Android dan iOS

Rekanbola.com – Salah satu perusahaan software dunia Autodesk resmi merilis aplikasi Sketchbook secara gratis. Aplikasi ini bakal tersedia di ponsel atau tablet berbasis Android dan iOS, serta versi desktop.

Per 30 April, semua pengguna Android dan iOS bisa mengunduh aplikasi Sketchbook, lengkap dengan fitur di versi Sketchbook Pro.

Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi Sketchbook di tautan berikut ini. Sementara pengguna iPhone/iPad (iOS) bisa mengunduhnya di toko aplikasi App Store di tautan berikut.

Untuk versi desktop berbasis Windows, pengguna bisa mengunduhnya di Microsoft Store di tautan ini,

Sementara untuk penggguna MacOS, aplikasi Sketchbook bida diunduh di Mac App Store melalui tautan berikut ini.

Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh langsung aplikasi menggambar ini dari situs resmi Sketchbook di tautan berikut ini.

Setelah terpasang di perangkat, pengguna memiliki dua opsi, yakni “individul”, yang merupakan opsi gratisan setelah menggunakan masa uji coba selama tujuh hari.

Autodesk juga menyediakan opsi berbayar “Enterprise License” yang menyediakan dukungan software yang lebih luas, dengan membayar 85 dollar AS (sekitar Rp Rp 1,18 juta).

Sketchbook adalah aplikasi yang kerap digunakan untuk menggambar sketsa dan ilutrasi secara digital. Aplikasi ini diklaim menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk menggambar dan melukis digital di iPad.

Sebenarnya, Autodesk Skecthbook versi 4.0 yang rilis tahun lalu sudah dapat diunduh secara gratis di iTunes dan Google Play. Namun, ada beberapa opsi berbayar seperti Skecthbook Pro.

Sebelumnya, untuk menggunakan fitur Sketchbook Pro, pengguna harus membayar dengan skema in-app purchase (metode pembelian dalam aplikasi) seharga 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.000).

Baca Juga:   Penampakan Lenovo Z5 Ungkap Posisi Kamera Depan

Pengguna juga bisa menjadi anggota Pro dengan membayar 29,99 dollar AS (sekitar Rp 419.000) per tahun atau 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.000) per bulan.

Autodesk mengatakan akan terus mengembangkan Sketchbook dan Sketchbook for Enterprise yang fokus untuk memudahkan para perancang, arsitek, dan animator. Bagi pengguna yang telanjur berlangganan Sketchbook Pro, uang tidak akan dikembalikan.

Cara menggunakan Sketchbook

Untuk pengguna Microsoft yang sudah meng-install Sketchbook Pro di desktop, cukup masukan Autodesk ID lalu lanjutkan ke Sketchbook.

Sementara pengguna yang membeli di iTunes Store atau Mac App store, harus memperbarui veri baru Sketchbook, lalu masuk menggunakan Autodesk ID untuk menggunakan Sketchbook.

Cara tersebut juga berlaku bagi pengguna Anroid yang mengunduh Sketchbook di Google Play Store.

 

(Sumber : Kompas.com)

Baca Juga :