Apple luncurkan iPad Pro terbaru, Mac Mini, dan MacBook Air super tipis!

REKANBOLA – Dalam acara yang dihelat di Brooklyn pada Selasa (30/10/2018) waktu AS, Apple merilis tiga produk barunya yakni MacBook Air terbaru, Mac Mini, serta iPad Pro.

Terdapat beberapa pembaharuan dari deretan lini tersebut. Mulai dari pembaharuan grafis dan CPU dari MacBook Air, Prosesor, RAM, dam flash storage untuk Mac Mini, serta perubahan desain signifikan dari iPad Pro.

Melansir The Verge, mari kita bahas satu persatu.

MacBook Air dengan Retina Display

Setelah beberapa tahun MacBook Air menjadi laptop yang terkesan mahal namun minim gebrakan soal grafis, Apple akhirnya menelurkan pengganti yang lebih baik. MacBook Air terbaru ini diluncurkan dengan Retina Display, bezel yang lebih tipis serta desain yang makin menyerupai MacBook standar.

MacBook Air terbaru ini mengusung layar 13.3 inci, dua buah port USB-C, serta headphone jack. Bobotnya kini tak sampai 1,3 kilogram, menasbihkan kesan ‘enteng’ dan portabilitas yang selalu diusung MacBook Air.

Untuk keamanan login, kini MacBook Air dilengkapi Touch ID yang ditenagai oleh chip khusus kemanan yakni T2. Chip inilah yang juga melindungi MacBook Pro dan iMac Pro tahun lalu. Jadi, bisa dibilang MacBook Air memiliki jerohan yang makin mendekati MacBook Pro dengan desain lebih mini dan tanpa fitur-fitur semacam TouchBar.

Soal dapur pacu, terdapat varian terendah dengan RAM 8GB, prosesor core i5 1,6GHz, serta memori internal 128GB. Serta ada varian tertinggi yakni yang dimotori oleh Intel dual-core generasi ke-8 dengan VGA terintegrasi, RAM 16GB, serta SSD 1,5TB.

Di samping itu semua, MacBook Air terbaru ini mengusung 100 persen alumunium daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:   Kayaknya 10 Seleb Ini Lagi Mabuk Pas Ngasih Nama Buat Anaknya. Masak Namanya Bikin Orang Nahan Ketawa

Mac Mini

Akhirnya, Mac Mini diperbaharui oleh Apple setelah generasi pertamanya rilis di 2014 silam. Mac Mini adalah CPU mungil yang membuat Anda bisa memiliki segala manfaat iMac namun menggunakan perangkat eksternal seperti monitor, keyboard, dan mouse pilihan Anda sendiri.

Apple menyematkan prosesor prosesor Intel generasi ke 8 di Mac Mini terbaru ini. Terdapat juga varian lebih enteng yakni six-core Intel Core i7 dan Core i3. Tak cuma itu, Mac Mini juga memiliki chip T2 seperti di MacBook Air, yang bertugas mengamankan perangkat Anda dari peretasan. Terdapat varian RAM hingga 64GB, dan storage yang kesemua variannya mengusung 2TB.

Terdapat deretan konektivitas yakni empat buah port USB-C Thunderbolt 3, HDMI, Ethernet, serta USB-A.

iPad Pro 2018 Dengan Face ID dan USB-C

Setelah diterpa banyak sekali rumor, Apple akhirnya merilis iPad Pro terbaru dengan bezel tipis seperti yang bisa kita lihat di lini iPhone. Desain yang sudah berrevolusi secara signifikan ini dibarengi dengan berubahnya juga konektivitas dari Lightning ke USB-C. Tak cuma itu, spesifikasi tablet terbaik Apple ini juga makin bertenaga. iPad Pro 2018 lahir dengan dua pilihan ukuran, 11 inci dan 12,9 inci.

Perubahan desain yang paling utama adalah hilangnya tombol home, sehingga bezel makin tipis dan layar makin terasa lebar dan imersif. Selain itu, iPad Pro akhirnya dapat mengadaptasi navigasi gestur yang sudah diperkenalkan Apple sejak iPhone X tahun lalu. Terdapat juga Face ID yang merupakan standar biometrikasi Apple saat ini.

Soal layar, iPad Pro ini mengusung teknologi serupa dengan iPhone XR, yakni Liquid Retina Display. Teknologi ini juga dilengkapi fitur ProMotion yang membuat layar iPad Pro ini makin mulus.

Baca Juga:   Microsoft Datangkan Fitur Baru untuk Office di Android, Apa Itu?

Soal dapur pacu, iPad Pro 2018 mengusung prosesor terbaru Apple yakni A12X dengan CPU 8-core dan GPU 7-core. Komposisi ini membuat kinerja single-task naik 35 persen dari sebelumnya, dan multi-task naik 90 persen. Apple mengklaim, grafis iPad Pro ini akan setara Xbox One S.

Berita buruknya, kini tidak ada lagi headphone jack di iPad Pro, seperti di lini iPhone.

One thought on “Apple luncurkan iPad Pro terbaru, Mac Mini, dan MacBook Air super tipis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *