Apple Tak Lagi Beri Bonus Adaptor Earphone di iPhone Terbaru

REKANBOLA – Sejak merilis iPhone 7 pada 2016 lalu, Apple memutuskan menghapus jack audio 3,5 mm yang biasa dicolok untuk earphone. Sebagai gantinya, Apple melengkapi kotak kemasan iPhone dengan adaptor Lightning (USB-C) ke jack 3,5 mm.

Kini, praktik tersebut tak lagi berlaku. Apple berhenti memanjakan pengguna dengan adaptor Lightning ke jack 3,5 mm di trio iPhone anyar, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Pada seksi spesifikasi “In the Box” iPhone XS, XS Max, dan XR, adaptor Lightning ke jack 3,5 mm tak tertera. Alih-alih demikian, kotak kemasan trio iPhone bakal dilengkapi beberapa aksesori lain.

Masing-masing adalah EarPods dengan konektor Lightning, adaptor USB Power, serta kabel Lightning untuk charger dan data, sebagaimana dihimpun Rekanbola tekno, Jumat (14/9/2018), dari MacRumors.

Alasan Apple memberantas jack audio 3,5 mm sebenarnya sederhana, yakni untuk desain tipis yang lebih apik dan ringkas di tangan. Keputusan ini memicu kontroversi, di mana banyak yang setuju dan tak sedikit pula yang menentang.

Terlepas dari pro kontra tersebut, Apple sudah bulat dengan keputusannya. Pabrikan Cupertino tersebut menjadikan Lightning sebagai satu-satunya port multifungsi untuk menghubungkan elemen eksternal ke iPhone.

Namun, Apple juga sadar banyak yang masih nyaman dengan jack earphone 3,5 mm. Karenanya, meski tak menyediakan secara cuma-cuma, Apple menjual adaptor Lightning (USB C) ke jack 3,5 mm secara terpisah. Pengguna bisa membelinya dengan harga 9 dollar AS atau sekitar Rp 129.000. Berminat?

Baca Juga:   Bedah Kamera Vivo V11 Pro, Punya Fitur Apa Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *