Argentina Gagal Total di Piala Dunia 2018, Sampaoli Tak Menyesal

Rekanbola – Mantan pelatih timnas Argentina, Jorge Sampaoli mengaku tak menyesali kegagalan timnya di Piala Dunia 2018 lalu. Sampaoli hanya bisa membimbing Argentina sampai babak 16 besar sebelum takluk di hadapan Prancis.

Penampilan Argentina sepanjang Piala Dunia juga terus dikritik. Sampaoli tak membawa penyerang hebat Serie A, Mauro Icardi. Argentina yang terlalu bergantung pada Lionel Messi akhirnya tak bisa berbuat banyak saat sang megabintang dibuat tak berkutik.

Tak hanya itu, permainan Argentina juga begitu buruk. Sampaoli merancang taktik yang sepenuhnya bergantung pada Messi. Taktik ini terlalu mudah dibaca lawan, tim lawan hanya perlu menjaga Messi sebaik mungkin, niscaya Argentina tak berkutik.

Namun, Sampaoli ternyata tak menyesali kegagalan tersebut. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Belajar

Menurut Sampaoli, kegagalan bersama Argentina itu adalah pelajaran berharga baginya. Dia mendapat pengalaman berharga, Sampaoli tak mau terus mencela dirinya sendiri. Menurutnya, seluruh bagian timnas Argentina sudah memberikan yang terbaik.

“Saya percaya bahwa kami semua yang berada di sana [Piala Dunia 2018], termasuk saya, sangat jujur dalam hal kontribusi kami,” kata Sampaoli di fourfourtwo.

“Saya memberikan hati dan hasrat saya pada Argentina, tetapi itu tak cukup. Saya pikir saya tak perlu lagi mencela diri sendiri. Saya belajar banyak hal untuk masa depan saya.”

 

Kritik

Lebih lanjut, Sampaoli juga merasa kritik yang menyerangnya sangatlah wajar. Dia datang dengan ekspektasi tinggi, seluruh publik Argentina percaya padanya. Oleh sebab itu, ketika gagal, hujan kritik tak lagi terbendung.

“Kritik yang terjadi sama besarnya dengan ekspektasi. Saya tiba dengan 95 persen dukungan dari rakyat, mereka berpikir bahwa Jorge Sampaoli mampu memberikan Argentina Piala Dunia yang diharapkan dengan pemain terbaik di lapangan.”

Baca Juga:   Ibunda Bertutur, Messi Menangis Karena Piala Dunia

“Ketika hal itu tak terwujud, kritik datang. Namun saya tak mendendam pada siapa pun,” tutup dia.