AS-Korut Teken Perjanjian, Kim: Dunia Akan Lihat Perubahan

Rekanbola – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani sebuah perjanjian di akhir pertemuan bersejarah mereka di Singapura, hari Selasa (12/6/2018).

“Kami menandatangani dokumen yang sangat penting, dokumen yang sangat komprehensif, dan kami menikmati waktu yang sangat hebat bersama, sebuah hubungan yang hebat…,” kata Trump saat proses penandatanganan tersebut, CNN melaporkan.

“[Keterangan] lebih lanjut akan didiskusikan saat konferensi pers segera,” tambahnya.

Pemimpin kedua negara yang sebelumnya saling ejek dan bertukar ancaman serangan nuklir dalam beberapa tahun terakhir, akhirnya bertemu untuk kali pertama di Singapura setelah sebelumnya sempat dibatalkan oleh Trump. Pertemuan itu ditujukan untuk membahas pelucutan senjata nuklir Korea Utara dan peningkatan hubungan ekonomi negara komunis itu dengan negara-negara lainnya di dunia.

“Kami telah membangun sebuah hubungan yang spesial,” kata Trump sembari menambahkan bahwa pertemuan itu berlangsung lebih baik daripada yang ia perkirakan sebelumnya.

Ketika ditanya tentang denuklirisasi, Trump menjawab: “Kami memulai prosesnya sangat segera,” The Straits Times melaporkan.

Di akhir pernyataannya, Trump juga menyampaikan undangan kepada Kim untuk berkunjung ke Washington.

Pemimpin Korea Utara itu sendiri tidak terlalu banyak bicara dan menyampaikan bahwa kedua negara telah melangsungkan pertemuan bersejarah setelah berhasil mengatasi sejarah masa lalu kedua negara dan saat ini melangkah bersama menuju awal yang baru.

“Kami akan menandatangani sebuah perjanjian bersejarah dan dunia akan melihat perubahan besar,” ujarnya. “Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Tuan Trump yang membuat hal ini terwujud.”

 

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)

Baca Juga:   Ramos Tuding Rusia Memang Niat Cari Adu Penalti