ASUS ROG Phone, hape gaming kaya aksesoris

REKANBOLA – Akhirnya ASUS ROG Phone beredar di pasaran. Meski belum masuk ke Indonesia, jika Anda ‘naksir’ dengan gadget ini, Anda selalu bisa mendapatkannya di e-commerce tanpa garansi resmi.

Untuk memberi ‘iming-iming’ pada Anda khususnya pecinta gadget, berikut akan kami ulas sedikit soal smartphone gaming besutan Asus ini, melansir dari Phone Arena.

Sebelum kita masuk ke pembredelan dari smartphone ini per aspeknya, kita harus tahu dulu ada beberapa fitur menonjol dari ASUS ROG Phone ini, mulai dari layar dengan refresh rate 90Hz, RAM 8GB, sistem pendingan papan atas, serta berbagai aksesoris lainnya. Mari kita bahas satu per satu.

Desain

Dari pandangan pertama, kita bisa lihat dengan sangat jelas kalau ini adalah smartphone gaming. Jika disandingkan dengan laptop ASUS ROG, ROG Phone akan sangat cocok.

Bodinya berwarna metal dengan aksen ala circuit board, serta ventilasi pendingin yang terdapat di bagian belakangnya. Di balik sistem pendingin ini terdapat fitur GameCool System yang terdiri dari jalur uap 3D, penyebar panas, serta kipas pendingin. Semua fitur ini juga akan dilengkapi dengan aksesoris pendingin, yang nanti akan kita bahas.

Terdapat juga logo ROG menyala yang ikonik dan selalu muncul di lini ROG lainnya.

Layar

Soal layar, terdapat panel layar dengan resolusi FHD+ (1080×2160. Ini adalah resolusi layar yang cukup tajam, dan setara dengan hampir semua smartphone flagship di 2018. Refresh ratenya 90Hz, yang membuat pengalaman bermain game jadi makin mulus. Sebenarnya, refresh rate ini tak sebaik milik Razer Phone. Namun pengalaman layar ini jauh lebih baik dari smartphone non-gaming kebanyakan.

Baca Juga:   Tiru Desain Apple, Samsung Didenda Rp 7,5 Triliun

Kamera

Meski ini adalah smartphone gaming, tidak berarti aspek standar smartphone diabaikan. ROG Phone masih mengusung dual kamera ala smartphone flagship kebanyakan. Konfigurasinya berupa 12MP regular dengan 8MP wide-angle. Sensornya menggunakan Sony IMX363 yang dipadu dengan software fotografi ASUS yang terkenal baik.

Dapur Pacu dan Software

ROG Phone mengusung Snapdragon 845 yang dipadu dengan RAM 8GB, dengan varian storage 128GB atau 512GB. Dengan dapur pacu ini, tugas sehari-hari tak akan terasa lag.

Dapur pacu ini dipadu dengan software ROG UI yang berbasis Android 8.1 yang bertema ‘gelap’ dengan antarmuka yang keren ala ROG.

Terdapat juga fitur baru berupa tombol bernama Air Triggers yang digunakan ketika ngegame di mode landscape. Dengan menekan tombol ini kita bisa mapping berbagai tombol dengan memanfaatkan tombol software yang bersifat drag dan droppable. Jika tidak dalam mode game, Air Triggers ini mirip fitur remas milik HTC U12 dan Google Pixel generasi pertama.

Terdapat beberapa software khusus game yang eksklusif di ROG Phone, seperti Game Center App serta Game Genie.

Tak lupa, semua dapur pacu dan software ini disokong oleh baterai berkapasitas 4.000mAh.

Aksesoris

Terdapat beberapa aksesoris yang bisa dipilih, untuk Anda boyong bersama ROG Phone. Mulai dari Mobile Desktop Dock yang bisa mengubah ROG Phone jadi desktop. Ini adalah konsep serupa yang diusung Samsung dengan DeX miliknya.

Lalu ada Gamevice Controller yang membuat ROG Phone memiiliki controller hand-held. Atau lebih mudahnya, kita bisa memasang joystick di ROG Phone. Ini konsep serupa yang pernah diusung Motorola dengan Gamepad Moto Mod, namun milik ROG Phone jauh lebih terlihat baik.

Baca Juga:   Nokia 3310 Resmi Dirilis Ulang

Terdapat juga AeroActive Cooler yang merupakan kipas yang bisa dipasang di ROG Phone.