Asyik Sedot Asap ‘Si Putih’ di Rumahnya, Bandar Sabu dan Temannya Diringkus Polisi

Rekanbola – Dua pria diciduk personel Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai saat sedang asyik menyedot asap putih sabu di Jalan DI Panjaitan, Lingkungan III, Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, Senin (27/8/2018) sekira jam 9.00 Wib.

Julius Daka Silitonga alias Daka (40) terciduk di kediamannya, bersama seorang temannya Abdul Roni alias Madua (38), dengan barang bukti berupa 34 bungkus plastik klip transparan, diduga berisi narkotika jenis sabu dengan berat kotor 13,5 gram, 1 set bong bekas pakai sabu.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai SH SIK, melalui Kasat Narkoba AKP Adi Haryono membeberkan kronologis pengungkapan tersebut, Senin (27/8/2018) siang.

“Kita menerima laporan masyarakat melalui SMS yang mengatakan bahwa di Jalan DI Panjaitan, Lingkungan III, Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai, ada seorang laki-laki yang mengedarkan narkotika jenis shabu,” sebut Adi Haryono.

Menindaklanjuti laporan tersebut, personel Opsnal Sat Res Narkoba kemudian melakukan penyelidikan. Ternyata benar, polisi melihat dua orang sedang asyik menyedot asap ‘Si Putih’ di lokasi tersebut.

Polisi kemudian melakukan penyergapan dan penggerebegan ke rumah tersebut.

“Pada saat akan diamankan, kedua terduga sedang berada di dalam rumah dan memegang bong (memakai sabu). Melihat kedatangan petugas, keduanya langsung meletakkan bong yang dipegangnya.” lanjut AKP Adi Haryono. Selanjutnya, polisi melakukan penggeledahan terhadap rumah tersebut dan menemukan sebuah dompet yang berisi 34 bungkus plastik diduga berisi sabu, tepatnya di atas pintu teras.

“Hasil interogasi terhadap terduga Daka, dia mengakui bahwa sabu tersebut adalah miliknya yang akan dijual kembali. Dia juga mengaku bahwa sabu itu dibelinya dari seorang laki-laki berinisial LB, yang beralamat di sekitar Lingkungan III, Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai,” beber AKP Adi Haryono lebih lanjut.

Baca Juga:   Jadikan Kampung Bojong Bebas Narkoba, Polisi Bersama FKUB Adakan Penyuluhan Sabtu, 15 Desember 2018 - 22:54 WIB

Namun sayang, ketika melakukan pengembangan ke rumah dimaksud, polisi tidak menemukan LB.

“Saat ini, kedua terduga sudah diamankan di Mapolres Tanjungbalai. Kita akan tetap melakukan pengembangan dan LB ini sudah ditetapkan sebagai DPO,” pungkas Adi Haryono.