Aturan Baru Digodok, Penalti Tak Boleh Rebound

Rekanbola – Sepak bola terus berkembang. Setelah penggunaan VAR yang mendunia, kali ini akan muncul beberapa aturan baru yang dikenalkan. Salah satunya adalah gagasan peraturan baru dalam tendangan penalti dalam pertandingan.

The International FA Board (IFAB) tengah menimbang usulan aturan baru yang melarang rebound dalam tendangan penalti. IFAB menggodok aturan ‘one shot’, sama seperti babak adu penalti.

Menukil The Telegraph, subjek ini akan jadi topik diskusi sampingan saat pertemuan tahunan IFAB beberapa hari ke depan. Dan jika ini terjadi, berarti jika penalti ditepis kiper atau membentur tiang gawang, rebound tidak diperbolehkan.

Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Kotak Penalti

Sebagai contoh, gol Paul Pogba saat MU mengalahkan Everton akhir pekan lalu. Penalti Pogba ditepis Pickford, tetapi pemain Prancis itu langsung menyambar bola muntah dan mencetak gol. Gol seperti ini tak akan disahkan di aturan baru IFAB.

Hal ini juga berarti jika kiper mampu menepis tendangan penalti lawan dan bola memantul kembali ke lapangan, bola tersebut dianggap sebagai bola mati. Dan kiper akan mendapatkan goal kick.

Awalnya, gagasan ini muncul karena masalah banyak pemain yang mengerubungi kotak penalti dan berlari masuk ke dalam kotak bahkan sebelum bola tersebut ditendang. Semuanya demi keseimbangan permainan.

Aturan ini menjadi bahasan kedua panel IFAB dan FIFA yang masing-masing memiliki empat suara. Supaya aturan bisa disahkan, dibutuhkan setidaknya enam suara sepakat. FIFA dan IFAB menentukan nasib sepak bola.

Baca Juga:   Sebagus-bagusnya Vieira, Blanc Yakin Pogba Lebih Baik