Aturan Mengaplikasikan Makeup untuk Pemilik Kulit Acne-Prone

REKANBOLA – Kulit sedang berjerawat, tetapi tetap ingin menggunakan makeup? Sebenarnya diperbolehkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan makeup pada kulit berjerawat.

Khususnya bagi Anda yang memiliki kulit acne-prone atau mudah berjerawat. Nah, berikut ini adalah beberapa aturan mengaplikasikan makeup untuk pemilik kulit acne-prone, dicoba yuk!

1. Pilih produk dengan hasil akhir matte

Tren makeup dengan hasil akhir dewy memang sedang populer belakangan ini. Sebagai perempuan yang gemar menggunakan makeup, mungkin tertarik untuk mencobanya, bukan? Nah, sebagai pemilik kulit acne-prone yang biasanya memproduksi lebih banyak minyak, lebih baik Anda menghindari penggunaan produk dengan hasil akhir dewy. Selain membuat wajah semakin berminyak, tampilan dewy atau glowing juga akan memperjelas tekstur wajah yang berjerawat. Lebih, baik memilih produk dengan hasil akhir matte, semi-matte, atau berlabel oil-free.

2. Sesuaikan makeup dengan siklus datang bulan

Kulit acne-prone dapat menjadi semakin parah kondisinya menjelang masa menstruasi. Penggunaan makeup pada masa-masa ini berisiko memperburuk kulittmu. Dibandingkan dengan menggunakan produk makeup yang sehari-hari digunakan, pada masa-masa ini lebih baik ganti makeup dengan formula yang lebih ringan dan gunakan makeup lebih tipis.

3. Biarkan kulit bernapas sesekali

Godaan menggunakan makeup saat kulit berjerawat memang sangat besar. Namun, untuk mencegah kondisi kulit yang semakin buruk, sebaiknya usahakan untuk tidak menggunakan makeup selama beberapa hari. Hal ini akan membantu jerawat disembuhkan dengan lebih cepat. Kalau pun tetap ingin menggunakan makeup, pastikan untuk membersihkan wajah secara mendalam dengan menggunakan cleanser yang diformulasikan untuk kulit acne-prone, ya!

4. Hindari makeup dengan kandungan tertentu

Sebagai pemilik kulit yang mudah berjerawat, Sahabat Fimela harus lebih peduli dengan produk makeup yang digunakan. Selain dengan menjaga kebersihan makeup dan tools yang digunakan, jangan lupa untuk memerhatikan kandungan di dalamnya. Masalahnya, ada beberapa kandungan makeup yang dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Misalnya, kandungan yang bersifat occlusive seperti phthalates, paraffin wax, mineral oil, dan petrolatum, berisiko membuat sebum terjebak dalam pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, kandungan yang membuat kulit kering seperti alkohol juga berisiko menyebabkan kulit dehidrasi, yang berujung dengan terhambatnya proses eksfoliasi kulit mati.

Baca Juga:   Ingat dengan Nam di 'Crazy Little Thing Called Love'? Kini cantik abis

5. Gunakan zinc sebagai sun protection

Selain jerawat, masalah yang kerap dialami pemiliki kulit acne-prone adalah hiperpigmentasi. Untuk meminimalisir kondisi ini, Anda dapat menggunakan skin care dan makeup yang memiliki kandungan SPF di dalamnya. Namun, dalam memilih uv protection dalam makeup, harus tetap berhati-hati. Pilihlah produk dengan kandungan zinc oxide yang lebih ramah untuk kulit, serta mampu memberikan perlindungan dan coverage pada kulit.