Avanza Kembali Ngebut dan Tinggalkan Xpander

Rekanbola – Di Indonesia, mobil Low Multi Purpose Vehicle yang dapat mengangkut tujuh orang penumpang banyak peminat. Tak heran, produsen berlomba-lomba menghadirkan produk terbaik mereka.

Penjualan Toyota Avanza dengan julukan mobil sejuta umat mulai tergeser, saat Mitsubishi Xpander lahir pada Agustus 2017. Saling salip pun terjadi. Namun, Xpander hanya beberapa kali saja menyingkirkan Avanza dari puncak mobil terlaris.

Eksistensi mobil keluarga racikan Toyota itu kembali melejit di akhir 2018. Hal tersebut terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, di mana penjualan dari pabrik ke diler Avanza pada November 2018 tercatat 7.553 unit.

Sedangkan, Xpander hanya terjual 5.094 unit di bulan yang sama. Bahkan pada bulan sebelumnya, Avanza berhasil terjual 9.358 unit, sementara mobil keluarga berlogo tiga berlian hanya 5.408 unit.

Secara total, Avanza menjadi mobil keluarga kasta terendah yang paling laris pada periode Januari sampai November 2018, karena mencatatkan angka 75.493 unit. Sementara, Xpander hanya 71.219 unit.

Belum lama ini, Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Imam Choeru Cahya angkat bicara. Menurutnya, pengiriman unit dari pabrik ke diler Xpander sedikit, karena ada pengurangan produksi menjelang akhir tahun.

“Desember sedikit mengurangi produksi, November juga sedikit kami kurangi. Karen,a biasanya orang Indonesia mempertimbangkan tahun depan kan, rata-rata menahan buat beli (mobil baru),” ujarnya di Tangerang, Banten.

Baca Juga:   Ada Warga Ngamuk di Tol Ngawi-Wilangan, Ini Kata Pelaksana Proyek